Bumi Antaludin

438 Pengurus PKK Desa Ikuti Pelatihan, Bupati HSS Berharap PKK Dukung Tingkatkan Kesejahteraan

Melalui pemberdayaan keluarga tersebut PKK Kabupaten hingga Kecamatan sampai ke desa bergerak melalalui berbagai kegiatannya.

438 Pengurus PKK Desa Ikuti Pelatihan, Bupati HSS Berharap PKK Dukung Tingkatkan Kesejahteraan
HO/Protokol dan Kehumasan HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry dan Ketua TP PKK HSS H Isnaniah saat memberikan pengarahan pada pelatihan pengurus PKK desa se HSS, di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Bupati Hulu Sungai Selatan  H Achmad Fikry menyatakan,  PKK sebagai Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, keberadaannya selama ini mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui pemberdayaan keluarga tersebut  PKK Kabupaten hingga Kecamatan sampai  ke desa  bergerak melalalui berbagai kegiatannya.

Mengingat strategisnya PKK dalam mendukung program pemeirntah tersebut, sebanyak 438 pengurus TP PKK Desa se-HSS diberikan pelatihan peningkatan kapasitasnya sebagai pengurus.

Peserta pelatihan PKK desa se- HSS
Peserta pelatihan PKK desa se- HSS (HO/Protokol dan Kehumasan HSS)

Pelatihan dipusatkan di Hotel G’Sign Banjarmasin selama empat hari .  Bupati HSS saat memberikan pengarahan pada pembukaan pelatihan berharap,  agar gerakan PKK lebih ditingkatkan lagi dimasa mendatang.

“ Gerakan PKK sifatnya sosial dan lebih pada semangat pengabdian, bertugas ikhlas dengan sukarela. Jadi semata -mata sebagai wadah Pengabdian, sekaligus sebagai ladang untuk menambah amal dan ibadah. Karena tujuan kita adalah mensejehterakan keluarga, yang pada akhirnya menyejahterakan masyarakat,”kata Fikry.

Sebelumnya, dalam laporannya,  panitia pelaksana Hj  Murziah menyampaikan, pelatihan PKK desa diselenggarakan dua tahap, masing-masing empat hari. Tahap pertama,  8-11 September dan tahap kedua 11-14 September 2019. Adapun materinya, disampaikan dalam bentuk kulaih umum. 

Bupati HSS H Achmad Fikry dan Ketua TP PKK HSS H Isnaniah saat  pelatihan pengurus PKK desa se HSS, di Banjarmasin
Bupati HSS H Achmad Fikry dan Ketua TP PKK HSS H Isnaniah saat pelatihan pengurus PKK desa se HSS, di Banjarmasin (HO/Protokol dan Kehumasan HSS)

Pada hari terakhir, ada kegiatan outbound yang bertujuan  membangkitkan rasa kebersamaan, membangun komunikasi, kekompakan dan komitmen, yang dilaksanakan di Kiram Park.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry menyampaikan, PKK desa berperan penting mendukung tugas dan kegiatan Kepala Desa. Dengan begitu, mereka diharapkan aktif melaksanakan program masing-masing. Menurut Isnaniah, dasawisma perlu untuk di perdayakan sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK.

“Dasawisma memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera, ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK. Keberadaannya mempermudah koordinasi dan jaringan sehingga program PKK  dan yang  melibatkan PKK berjalan tepat sasaran,”katanya.

Bupati HSS dan Ketua TP PKK HSS berfoto bersama peserta pelatihan kader PKK desa se-HSS
Bupati HSS dan Ketua TP PKK HSS berfoto bersama peserta pelatihan kader PKK desa se-HSS (HO/protokol dan kehumasan HSS)

Disebutkan, saat ini PKK di HSS terus mengalami peningkatan, dan meraih banyak penghargaan di berbagai kategori.  Program P2WKSS beberapa tahun terakhir,  terus masuk kelompok utama.  Selain itu, PKK HSS  terbaik pertama se Kalsel untuk tertib administrasi. Saat ini, PKK HSS juga g mengikuti Lomba Asman Toga tingkat Nasional. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved