Berita Banjarmasin

55 Anggota Dewan Kalsel Akan Diikutkan Orientasi Kedewanan, Ini Tujuannya

55 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik, Senin (9/9/2019).

55 Anggota Dewan Kalsel Akan Diikutkan Orientasi Kedewanan, Ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Anggota Dewan Kalsel Periode 2019-2024 Ikuti Gladi Bersih Rapat Paripurna Istimewa dengan Agenda Pelantikan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - 55 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik, Senin (9/9/2019).

Walau mayoritas Anggota Dewan yang dilantik sudah memiliki pengalaman menjadi legislator baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, namun bagi sebagian, hal ini menjadi pengalaman baru.

Karena itu, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), setiap Anggota Dewan yang dilantik termasuk 55 Anggota Dewan Kalsel wajib ikuti program orientasi kedewanan.

Dijelaskan Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Zaini, masa orientasi Anggota Dewan akan dilaksanakan di awal masa jabatan Anggota Dewan.

Bagi Anggota Dewan Kalsel, orientasi diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri di Jakarta.

Baca: Masyarakat Miskin di Kabupaten Tapin Dapat Bantuan Hukum Pemerintah Provinsi Kalsel Berupa Ini

Orientasi dilakukan selama kurang lebih total satu setengah bulan dengan dengan waktu pelaksanaan yang dibagi menjadi beberapa waktu.

Ada beberapa materi wajib yang akan diberikan kepada para Anggota Dewan yang baru dilantik, termasuk diantaranya pengetahuan Pancasila, Undang-Undang hingga fungsi dan tugas kedewanan.

Selain itu, ada juga materi terkait peningkatan wawasan hingga komunikasi interaktif.

Dimasukkannya materi komunikasi interaktif dalam orientasi menurut M Zaini sesuai dengan filosofi Dewan Perwakilan Rakyat atau Parlemen yang jika disederhanakan berarti bicara.

Baca: Gaji Anggota DPRD Kota Banjarmasin Rp 1,5 Jutaan, Setelah Dapat Tunjangan Ini & Itu Jadi Rp 30 Juta

Karena itu, dengan materi tersebut diharapkan para Anggota Dewan bisa secara aktif menjadi pembicaraan menyuarakan aspirasi dan pendapatnya dengan baik sebagai Wakil Rakyat.

"Hal ini menjadi hal wajib untuk diikuti seluruh Anggota Dewan yang dilantik termasuk yang sebelumnya juga sudah pernah mengikuti," kata M Zaini. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved