Tajuk

Haornas, Muri dan Olahraga Kalsel

Momentum ini dimanfaatkan Gubernur H Sahbirin Noor untuk mencatat Kalsel dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Haornas, Muri dan Olahraga Kalsel
BPost Cetak
Tajuk Bpost 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setiap 9 September merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Tahun ini peringatan dilaksanakan di Kalimantan Selatan pada 4 sampai 8 September.

Momentum ini dimanfaatkan Gubernur H Sahbirin Noor untuk mencatat Kalsel dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, menggagas aksi ribuan karateka agar masuk dalam MURI. Kegiatan ini sekaligus sebagai puncak peringatan Haornas di Kalsel, dan memang berlangsung sukses hingga diganjar sertifikat MURI dalam kategori Gerakan KATA oleh Karateka Terbanyak.

Berdasarkan perhitungan, kegiatan ini diikuti lebih dari 5.500 karateka di Kalsel.

Gagasan gubernur ini patut diapresiasi, sebagai bentuk kepedulian sekaligus upaya untuk memajukan olahraga di Kalsel. Setidaknya, pencatatan MURI ini bukan sekadar seremonial mengejar prestise. Karena ada yang lebih penting, yakni pretasi.

Baca: PB Djarum Hentikan Audisi Bulutangkis, Susi Susanti : Dampaknya Bisa Sangat Merugikan.

Baca: Pendopo RTH Lahirkan Pelukis Muda, Sutarji Prihatin Lihat Anak Kecanduan Gadget

Baca: Karateka Kalsel Pecahkan Rekor Muri, Menpora Hadiri Puncak Haornas

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat pada 2016 lalu, Kalsel berada di peringkat 16 dengan perolehan 9 emas, 10 perak, 18 perunggu. Capaian ini lebih baik dibanding PON sebelumnya, 2012 di Riau, berada di peringat 18 dengan perolehan medali 5 emas, 12 perak, 19 perunggu.

Tahun depan, 2020, PON kembali digelar. Papua didapuk sebagai tuan rumah. KONI Kalsel telah menargetkan perolehan 13 hingga 19 medali emas. Sebuah target yang cukup realistis apabila melihat capaian Kalsel dalam dua PON terakhir.

Gelaran Haornas di Kalsel yang dibarengi dengan pencatatan rekor di MURI, sudah semestinya target tersebut menjadi perhatian semua pihak.

Baca: Karate Lemkari Gemilang Raih Jawara Kejurnas Piala Menpora, Ini Medali yang Disabet Atlet Kalsel

Baca: Beredar Foto Ranty Maria & Rayn Wijaya Satu Ranjang, Mantan Ammar Zoni Sebut Soal Selimut

Tak hanya KONI bersama Pengprov, Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Kalsel yang baru saja menginisiasi pencatatan rekor di MURI pun perlu memberikan perhatian khusus.

Kita semua tentu tidak ingin pencatatan rekor di MURI hanya sebatas catatan prestise. Namun semestinya menjadi momentum untuk meraih prestasi olahraga Kalsel. Karena prestasi sesungguhnya adalah di lapangan pertandingan. (*)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved