Berita Internasional

Istri Mantan Kaisar Akihito Menjalani Operasi Setelah Didiagnosis Kanker Payudara

Mantan permaisuri Jepang Michiko menjalani operasi pada Minggu (8/9/2019), setelah didiagnosis kanker payudara stadium awal.

Istri Mantan Kaisar Akihito Menjalani Operasi Setelah Didiagnosis Kanker Payudara
AFP PHOTO / JAPAN POOL via JIJI PRESS
Mantan Permaisuri Jepang Michiko (kanan) saat terlihat di Rumah Sakit Universitas Tokyo, pada Sabtu (7/9/2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mantan permaisuri Jepang Michiko menjalani operasi pada Minggu (8/9/2019), setelah didiagnosis kanker payudara stadium awal.

Operasi dilangsungkan pada Minggu pagi di Rumah Sakit Universitas Tokyo, demikian informasi yang disampaikan Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

"Operasi dilangsungkan sesuai jadwal dan diperkirakan berlangsung selama beberapa jam dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran akan segera mengumumkan hasilnya setelah selesai," tulis media setempat, dikutip AFP.

Perempuan berusia 84 tahun, istri mantan kaisar Akihito yang mengundurkan diri dari jabatan kaisar akhir April lalu itu, didiagnosis mengidap kanker payudara pada awal Agustus lalu.

Sebelumnya pada Juni, Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang mengumumkan bahwa pasangan mantan Kaisar Akihito yang mengundurkan diri itu akan menjalani pemeriksaan jantung setelah hasil tes darah menunjukkan bahwa dia memiliki risiko tinggi mengalami gagal jantung.

Baca: Pipi Istri Ahok BTP, Puput Nastiti Devi Jadi Sorotan, Sedangkan Veronica Tan Umbar Senyuman

Baca: Pria Bergamis Digandeng Marcella Simon Pasca Mualaf Disorot, Teman Roger & Cut Meyriska Tulis Ini

Baca: Disebut Mirip Dajjal, Si Pemilik Anak Kambing Bermata Satu di Bogor Ini Tak Mau Menjualnya

Akihito dan putrinya Sayako, mantan putri yang meninggalkan rumah tangga kerajaan Jepang untuk menikah dengan rakyat biasa itu, mendampingi Michiko di rumah sakit sebelum menjalani operasi.

Saat masih bertakhta di kekaisaran Jepang, pasangan Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko dikenal memodernisasi monarki yang terikat tradisi.

Hal itu membawa keduanya menjadi lebih dekat dengan rakyat Jepang dan meningkatkan dukungan rakyat terhadap keluarga kekaisaran.

Michiko, yang lahir dari keluarga biasa, pada 1934 di Tokyo, merupakan alumni sekolah khusus perempuan Christian Sacred Heart School dan mengambil bidang sastra Inggris di universitas.

Michiko bertemu dengan Akihito di sebuah turnamen tenis sebelum kemudian menikah pada 1959 dalam sebuah pernikahan yang menarik perhatian media.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved