Berita HSU

NEWSVIDEO : Simulasi Dalkarhutla Sinergi Pemda, Polri, TNI Dan Perkebunan Kelapa Sawit PT PDL

Di barisan paling depan, memimpin rombongan adalah Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan menyusuri jalanan medan tanah berbatu yang dilalui.

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Mandi debu di bawah teriknya matahari, Kamis (5/9/2019), siang itu puluhan anggota Polres Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan patroli di sejumlah wilayah pelosok dengan menggunakan motor trail.

Di barisan paling depan, memimpin rombongan adalah Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Ahmad Arif Sopiyan menyusuri jalanan medan tanah berbatu yang dilalui.

Siang itu, Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Ahmad Arif Sopiyan memimpin anggotanya melakukan patroli pemantauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah pelosok HSU.

Salah satu wilayah yang dipatroli adalah kawasan perkebunan sawit PT Persada Dinamika Lestari (PDL), anak usaha Grup Astra Agro Lestari yang berada di Desa Pawalutan Kecamatan Banjang.

Baca: Kewalahan Padamkan Karhutla di Kalteng, Petugas Kesulitan Mencari Air

AKBP Ahmad Arif Sopiyan menjelaskan, perkebunan sawit memang jadi salah satu kawasan yang paling jadi perhatian dalam penanganan kebakaran lahan.

"Sebagai satu-satunya korporasi perkebunan sawit di wilayah HSU, tentu wilayah PT PDL menjadi salah satu atensi (perhatian) kami," kata dia.

Apalagi wilayah konsesi perkebunan sawit PT PDL yang masih dikelilingi banyak lahan kosong.

"Di PT PDL sendiri kami lihat sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap untuk memerangi Karhutla. Koordinasi yang dilakukan pun sudah dijalankan dengan sangat baik," kata Kapolres saat menyambangi simulasi penanganan Karhutla yang digelar PT PDL semalam.

Dalam simulasi penanganan Karhutla yang digelar PT PDL di tengah area konsesi tersebut, diperlihatkan bagaimana koordinasi antar instansi dilakukan.

Baca: Polda Kalsel Selidiki 54 Kasus Karhutla, Empat Kasus Masuk ke Penyidikan

Sementara itu, Administratur (ADM) PT PDL Hakim Rosyadi menjelaskan, pihaknya memang sangat serius dalam penanganan karhutla, baik pencegahan dan penanggulangan.

Halaman
12
Penulis: Rahmadhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved