Berita Balangan

Sukses Raih Medali Emas dan Perak, Ternyata Begini Latihan yang Dilakukan Atlet NPC Balangan

Menjadi atlet Paralympic pada cabang renang nampaknya membawa keberuntungan bagi Syahriadi dan Rahman.

Sukses Raih Medali Emas dan Perak, Ternyata Begini Latihan yang Dilakukan Atlet NPC Balangan
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Atlet NPC Balangan cabang renang, Syahriadi mendapatkan uang bonus dari Pemkab Balangan atas medali yang ia peroleh pada Peparpeda di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Menjadi atlet Paralympic pada cabang renang nampaknya membawa keberuntungan bagi Syahriadi dan Rahman.

Kedua atlet yang memiliki keterbatasan pisik di Kabupaten Balangan ini berjuang keras menjadi juara dalam sejumlah ajang olahraga. Baik daerah, nasional, maupun international.

Sejumlah bentuk pelatihan mereka jalanin untuk capaian tersebut. Hingga akhirnya keduanya dapat meraih pedali emas, perak dan perunggu dalam Pekan Paralympic Daerah beberapa waktu lalu.

Bahkan keduanya direncanakan bakal ikut dalam ajang Pekan Paralympic Nasional pada 2020 mendatang.

Berkat pejuangannya, Syahriadi, satu atlet NPC Balangan bidang renang membawa pulang uang bonus dari Pemkab Balangan.

Baca: Suara Aneh Temani Ammar Zoni di Belantara Hutan Sumatera, Suami Irish Bella Uji Nyali

Baca: VIRAL Video Pengendara di Banjarmasin Kesurupan Jurus Silat saat Ditilang, Polisi: Tetap Ditilang

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019 Putaran Kedua Pekan 18 : Persipura vs Persija, PSM & Persib Main

Ia bahkan mendapatkan dua kategori sekaligus, yakni raihan medali perak senilai Rp 5.000.000 dan bonus untuk kemenangannya atas medali emas pada cabang renang gaya bebas senilai Rp 10.000.000.

Tentunya, perjuangan siswa MtsN 1 Balangan ini juga dianggap luar biasa. Ia harus mengikuti pelatihan renang dengan sistem sprint hingga puluhan kali.

Dalam satu hari, ia harus berlatih renang selama satu jam setiap pagi dan sore pada kolam renang di Banjarmasin. Sementara di Balangan, di Desa Marias, tempat tinggalnya, Syahriadi memanfaatkan sungai terdekat untuk latihan.

"Saya berharap ke depan prestasi yang saya dapat ini bisa ditingkatkan lagi," ucap Syahriadi. Ia sendiri masih nampak canggung dan gugup, bercampur gembira saat mendapatkan bonus tersebut dan kemudian diwawancara awak media, Senin (9/9/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Balangan, H A Gazali Al Patah,menerangkan, ada beberapa cabang olahraga yang menjadi binaan Dispora Pemkab Balangan. Di antaranya pada beberapa olahraga unggulan, yakni olahraga panahan, dayung dan taekwondo.

"Kemudian Dispora Pemkab Balangan juga membina olahraga disabilitas. Sebagaimana kemaren pada Pekan Paralympic Pelajar Daerah di Banjarmasin, Balangan mendapatkan satu medali emas, dua medali perak dan satu perunggu," ucap Gazali.

Sebutnya, apa yang diraih oleh para atlet di Balangan cukup membanggakan wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut. Terlebih tahun 2019 ini paparnya, Dispora Balangan hanya bisa mengirimkan lima atlet untuk pekan paralympic, empat di antaranya meraih juara.

Ke depan jelas Gazali, pihaknya akan melakukan pembinaan lebih baik lagi. Memulai pembinaan sejak dini. Kemudian tahun berikutnya diusahakan bakal lebih berprestasi dibanding tahun 2019.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved