Kesehatan

Alternatif Solusi Atasi Depresi, Ini 8 Manfaat Mandi atau Berenang di Kolam Air Dingin

Air dingin membangkitkan respons stres sebagai bagian dari reaksi psikologis dan hormonal untuk mengatasi berbagai potensi ancaman yang datang.

Alternatif Solusi Atasi Depresi, Ini 8 Manfaat Mandi atau Berenang di Kolam Air Dingin
Pexels.com
wanita berenang 

Menurut Chris Van Tulleken, depresi selama ini kerap diatasi menggunakan antidepresan dan konsumsi obat tersebut terus meningkat.

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penelitan menyebutkan berenang atau mandi air dingin sangat baik untuk kesehatan dan memiliki efek positif terhadap penurunan hormon kortisol (hormon stres) yang muncul ketika kecemasan datang.

Dilansir dari Kompas.com, berenang di dalam kolam air dingin juga bisa menjadi alternatif solusi mengatasi depresi.

Demikian kesimpulan penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal Case Reports, seperti dikutip dari laman boldsky.com.

Penelitian ini dilakukan Chris Van Tulleken dari University College, London didampingi dua ilmuwan dari University of Portsmouth.

Mereka meneliti kasus seorang wanita yang mengalami kecemasan dan depresi kemudian membaik karena berenang dalam air dingin.

Baca: Miliki Tubuh Berotot Idaman, Begini Cara Pemeran Thor Membentuk Tubuh dan Mempertahankan Kebugaran

Wanita tersebut kemudian terus melanjutkan latihan renangnya hingga gejala-gejala depresi dan kecemasan tersebut semakin berkurang.

Studi kasus ini adalah yang pertama meneliti terapi air untuk mengatasi depresi, dan menjadi bagian dari program televisi yang dibuat Chris Van Tulleken.

Manfaat Mandi atau Berenang di Air Dingin

  • 1. Air dingin membangkitkan respons stres sebagai bagian dari reaksi psikologis dan hormonal untuk mengatasi berbagai potensi ancaman yang datang.
  • 2. Ketika berenang dalam air dingin, ada peningkatan tekanan darah, pernafasan, dan pelepasan hormon stres.
  • 3. Membiarkan tubuh berenang dalam air dingin bisa menjadi pengobagan stres yang memicu beta endorfin dan noradrenalin pada otak.
  • 4. Sensasi kejut yang diberikan air sangat serupa dengan sensasi kejut elektrik dalam banyak situasi.
  • 5. Impuls elektrik dalam jumlah besar akan bergerak pada ujung syaraf pada kulit dan pada akhirnya mencapai otak.
  • 6. Sensasi kejut pada sistem tubuh tersebut mampu meningkatkan tingkat energi, kemurnian, dan kesadaran. Reaksi ini memiliki efek bermanfaat terhadap depresi.
  • 7. Mandi air dingin memiliki efek positif terhadap penurunan hormon kortisol (hormon stres) yang muncul ketika kecemasan datang.
  • 8. Air dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang sehingga memperlancar sirkulasi darah.
  • 9. Karena darah mengalir ke otak dan organ tubuh vital, ada sirkulasi oksigen yang membantu detoksifikasi, membantu kita merasa rilek dan berenergi.

Baca: 4 Nutrisi Seimbang yang Harus Dipenuhi Saat Sahur Biar Kamu Enggak Gampang Tumbang

Ilustrasi
Ilustrasi (kompas.com)

Menurut Chris Van Tulleken, depresi selama ini kerap diatasi menggunakan antidepresan dan konsumsi obat tersebut terus meningkat.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved