Berita Banjarbaru

Asetnya Telah Dilimpahkan Kementerian, Pasar Cempaka Segera Dikerjakan, Ditarget 2019 Akhir Siap

Setelah tersendat selama dua tahun, pembangunan Pasar Cempaka di Kelurahan Cempaka Banjarbaru segera dilanjutkan

Asetnya Telah Dilimpahkan Kementerian, Pasar Cempaka Segera Dikerjakan, Ditarget 2019 Akhir Siap
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Sekda Kota Banjarbaru, Said Abdullah didampingi Kabid Pengelolaan Pasar Disprindag, Wahyudillah, dan kabag humas Pemko Banjarbaru, Dedi Sutoyo memberikan penjelasan soal kelanjutan pasar Cempaka 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah sempat tersendat selama dua tahun karena menunggu proses pelimpahan aset dari Kementerian, akhirnya Pemko Banjarbaru mempunyai kepastian untuk merehab pasar Rakyat Galuh Cempaka.

Pasar yang sudah dimulai pembangunan 2017 itu akan dilanjutkan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru untuk pengerjaan lanjutan sebagai finishing.

"Ya pada tanggal 12 September ini Kepala Dinas akan meneken tandatangan penyerahan aset di Kementerian pendaganga. Sehingga semua syaratnya sudah terpenuhi," tandas Kabid Pengelolaan Pasar Disprindag, Wahyudillah, Selasa (10/9/2019).

Diuraikannya, Proyek penyelesaian pembangunan Pasar Cempaka ini dananya sebesar Rp 1,5 Miliar.

Baca: Hasil Akhir Timnas Indonesia Vs Thailand Kualifikasi Piala Dunia : Skor Akhir 0-3, Gagal Dapat Poin

Baca: Terdampak Event Nasional, Okupansi Hotel di Banjarmasin Meningkat Hingga 90 Persen

Baca: Akses Pendidikan Sulit, Ferdy Bangun PAUD di Desa Mamigang, Tinggal Tunggu Peresmian

Baca: Kembangbiakan 1.000 Anak Sapi, Pengurus Baznas Kalsel Tinjau 6 Hektare Lahan di Kurnia

Saat ini sudah proses lelang, setelah selesai langsung bisa dikerjakan. Rincian angkanya adalah untuk Pembuatan los pedangan sekitar Rp 900 juta, pemasangan Paving sekitar Rp 400 juta dan pemasangan besi sekitar Rp 100 juta.

"Setelah itu clear semua pengerjaannya," tandasnya.

Dirinya yakin, jika sesuai rencana pada akhir bulan Desember 2019 atau awal Januari 2020 pasar ini sudah bisa ditempati para pedagang.

"Kami juga sudah melakukan pendataan terhadap para pedagang. Kami pilah-pilah sesuai dengan zonasi, sehingga nanti banyak pedagang yang tertampung. Mulai dari pedagang sembako, sayur, daging, sampai dengan pedagang ikan basah," tegasnya.

Sekdako Banjarbaru H Said Abdullah mengatakan pengerjaan finishing pasar segera dilakukan. Jika sesuai rencana, maka pasar Cempaka ini akan bisa digunakan pada Bulan Desember 2019 atau awal Januari 2020 nanti.

"Agar jangan salah informasi. Pembangunan Pasar Cempaka itu terlihat stagnan karena memang ada permasalahan administrasi. Proses pelimpahan asetnya kemarin-kemarinya belum ada, nah yang terbaru ini sudah ada. Karenanya pembangunan memang agak terlambat. Karena dalam perjalannya banyak waktu terbuang, karena berbagai macam hal. Mulai dari lokasi, sampai proses lelang dan pengerjaannya. Sehingga pekerjaan menjadi tidak tepat waktu," kata Sekda, Selasa (10/9/2019) siang.

Baca: Aksi Poppy Kelly yang Tak Diakui Anak oleh Elza Syarief, Kembali Incar Nikita Mirzani, Hotman Paris?

Baca: Akhirnya Roger Danuarta dan Cut Meyriska Bulan Madu Setelah Temani Marcella Simon

Baca: Kembangbiakan 1.000 Anak Sapi, Pengurus Baznas Kalsel Tinjau 6 Hektare Lahan di Kurnia

Said menjelaskan, saat ini dirinya bersyukur karena permasalahan administrasi ini sudah selesai. Dimana sudah ada Keputusan Pengadilan kepada Pemko Banjarbaru, yang menjelaskan bisa untuk membayarkan pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor sebelumnya.

"Saat ini sedang proses lelang, Insha Allah jika pekerjaan lancar maka tidak lama lagi kami akan melakukan peresmian disana dan segera menempatkan pedagang di Pasar Cempaka ini. Pekerjaan penyelesaiannya ini saya kita 40 hari sudah bisa selesai. Nanti kita akan pakai Dana APBD untuk penyelesaiannya ini," runutnya. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved