Tajuk

Jajanan Sehat Sekolah

Karena itu, untuk mengembalikan energi tersebut siswa pun harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mereka dapati di sekolah.

Jajanan Sehat Sekolah
banjarmasinpost.co.id
jajanan sekolah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - BELAJAR berjam-jam di kelas tentu membuat energi setiap siswa terkuras. Dalam kondisi ini, anak tidak lagi bisa berkonsentrasi penuh untuk menyerap setiap pelajaran yang diberikan di sekolah.

Karena itu, untuk mengembalikan energi tersebut siswa pun harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mereka dapati di sekolah. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki fasilitas untuk anak-anak mendapatkan makanan dan minuman yang sehat.

Sehat disini dalam arti bersih, tidak mengandung zat berbahaya dan tentu memiliki kandungan gizi yang diperlukan anak.

Di beberapa sekolah Boarding School kebanyakan telah menyiapkan makanan katering untuk konsumsi siswanya. Untuk menyediakan katering, sekolah bekerja sama dengan orangtua siswa.

Namun, tidak dengan kebanyakan sekolah umum. Sangat jarang, sekolah umum yang memiliki kantin sehat untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi siswa selama di sekolah. Apalagi, di sekolah-sekolah pinggiran.

Situasi inilah yang dimanfaatkan pedagang kaki lima menjual makanan dan minuman di sekolah-sekolah.

Kepala Balai Besar POM di Banjarmasin Dr H Muhammad Guntur, di BPost Edisi Senin (9/9/2019) tak menampik masih adanya jajanan sekolah yang terkontiminasi bahan berbahaya seperti pewarna tektil, pengawet yang sering di salah gunakan.

Meski, menurut BPOM jumlahnya jauh menurun. Tentu, ini tidak baik untuk kesehatan anak-anak. Karena, terpapar zat berbahaya dalam rentang waktu panjang akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Pengawasan makanan yang dijual PKL di sekolah-sekolah haruslah terus diawasi. Disinilah, peran pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap pedagang makanan dan minuman serta juga pihak sekolah.

Perlu pula adanya sebuah program atau gerakan semacam kantin sehat atau jajanan sehat di sekolah.

Anak-anak adalah masa depan bangsa ini. Karena itu, semua pihak baik orangtua, pihak sekolah dan pemerintah harus memastikan makanan yang dikonsumsi anak-anak selama di sekolah benar-benar sehat untuk di konsumsi.

Makanan yang sehat dan bergizi pastinya akan melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan akan membawa bangsa ini menjadi sebuah negara maju (*)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved