Ekonomi dan Bisnis

Terdampak Event Nasional, Okupansi Hotel di Banjarmasin Meningkat Hingga 90 Persen

Gelaran Haornas di Banjarmasin berdampak positif dengan meningkatnya okupansi hotel

Terdampak Event Nasional, Okupansi Hotel di Banjarmasin Meningkat Hingga 90 Persen
Istimewa
Kamar di Mercure Hotel Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Penyelenggaraan event Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Banjarmasin maupun event skala nasional lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan okupansi hotel di Banua.

Sejumlah hotel di Banjarmasin pun berhasil mengalami kenaikan tingkat hunian mulai selama sepekan terakhir.

Dijelaskan Operational Manager Mercure Banjarmasin Albert Bennanda, selama perhelatan event-event nasional terutama Haornas yang digelar beberapa hari lalu.

"Untuk okupansi terjadi kenaikan yang cukup signifikan yang mana mulai dari awal bulan sampai dengan pertengahan September hampir rata-rata okupansi bisa mencapai 90 persen sampai dengan 100 persen," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Skor 0-3! Cuplikan Gol & Hasil Timnas Indonesia Vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Baca: Akses Pendidikan Sulit, Ferdy Bangun PAUD di Desa Mamigang, Tinggal Tunggu Peresmian

Baca: Kembangbiakan 1.000 Anak Sapi, Pengurus Baznas Kalsel Tinjau 6 Hektare Lahan di Kurnia

Baca: Baru Pulang Haji, Rumah H Asrani Terbakar

Sesuai dengan tema yang dianut Accorhotels, dia menambahkan, Hotel berbintang empat ini menerapkan tema Discover Local yakni Mercure akan terus bekerja sama dengan partner-partnet lokal untuk meningkatkan pariwisata local seperti tour wisata susur sungai dan adanya stand kain dan baju Sasirangan yang merupakan khas Banua.

Selain itu, Mercure juga memberikan kesempatan bagi semua konsumen untuk menikmati promo kecantikan lulur dan spa yakni Martha Tilaar bagi semua pelanggan yang ingin memanjakan dirinya di kala waktu luang dengan berbagai promo diskon hingga 50 persen.

"Pada beberapa periode, kenaikan omzet selain daripada okupansi terdapat juga pada Dlotus Restaurant dan Sante Coffee yang mana pengunjung selalu dapat menikmati sajian-sajian khas hotel Mercure," tukasnya.

Sementara itu, event Haornas berimbas pula pada kenaikan okupansi hotel Amaris Banjar yang terletak di Jalan A Yani Km 7 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

General Manager Amaris Hotel Banjar, Dani Yusyandi mengatakan, saat perayaan Haornas okupansi memang ada peningkatan. Namun tamu yang datang justru bukan tamu Haornas, mengingat tamu Haornas lebih memilih menginap di dalam kota yang relatif lebih dekat dengan venue perayaan Haornas tersebut.

"Tamu di Amaris justru tamu luar kota yang ingin pergi ke Banjarmasin namun karena hotel-hotel di dalam kota sudah penuh, barulah mereka mencari alternatif hotel yang tidak jauh dari pusat kota, salah satunya Amaris," paparnya.

Ditambahkannya, untuk peningkatan okupansi berkisar 30-50 persen dari hari biasa, utamanya di tanggal 6 dan 7 September 2019 atau weekend.

Baca: Diskon 50 Persen Tambah Daya PLN Masih Berlaku, Pelanggan Cukup Bayar Segini

Baca: BI Gelar Video Conference Festival Ekonomi Syariah, Prosfektif Perbankan Syariah ke Depan Makin Baik

Baca: Amalan Sunnah Bulan Muharram Setelah Puasa Tasua dan Asyura pada 9 dan 10 Muharram

Promo yang digeber selama Haornas bukan promo secara khusus yang dibuat dalam rangka event ini, namun lantaran bertepatan dengan weekend maka ada promo weekend

"Harga promo weekend untuk kamar Smart Standard Rp 335.000 nett termasuk bereakfast untuk 2 orang," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved