Berita Banjarmasin

Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalsel Ingin Ada Ruang Aspirasi

Hari H Pengucapan Sumpah Janji para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat diwarnai ketegangan

Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalsel Ingin Ada Ruang Aspirasi
banjarmasinpost.co.id/acm
Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hari H Pengucapan Sumpah Janji para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat diwarnai ketegangan antara pengunjuk rasa dengan Anggota Dewan dan tim pengamanan, Senin (9/9/2019).

Walau Anggota Dewan sudah temui langsung dan setuju tandatangani pakta integritas yang diajukan pengunjuk rasa, namun ketegangan tetap terjadi.

Mengurangi potensi terulangnya hal tersebut, Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalsel dari PDIP, M Syaripuddin inginkan adanya ruang aspirasi di DPRD Provinsi Kalsel.

Baca: Hari Pertama Usai Pelantikan Anggota Dewan Sibuk Matangkan Struktur Fraksi

Baca: Aduan Elza Syarief pada Ruben Onsu Tentang Melaney Ricardo yang Bela Nikita Mirzani

Baca: Kekaguman Boy William pada Barbie Kumalasari, Istri Galih Ginanjar Terungkap, Boy : I Love Her

Baca: 2 Doa Buka Puasa Asyura 10 Muharram 1441 Hijriah, Selasa (10/9/2019) dalam Bahasa Arab dan Latin

Politisi muda yang terpilih di Dapil Kalsel 6 ini menjelaskan, melalui ruang aspirasi para Anggota Dewan bisa secara rutin bertemu langsung dengan berbagai elemen masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Wakilnya di Parlemen.

Melalui ruang aspirasi, Anggota Dewan diharapkan bisa secara langsung melakukan diskusi dengan perwakilan masyarakat baik itu dari organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, organisasi mahasiswa dan lain sebagainya.

Pertemuan di ruang aspirasi menurutnya bisa dilakukan secara terjadwal dan rutin di salah satu ruangan di Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel.

Metode tersebut menurutnya berpotensi menjadi cara jitu untuk meningkatkan kualitas komunikasi antara seluruh elemen masyarakat dengan para Anggota Dewan.

"Ini akan segera kami usulkan ke Sekretariat Dewan, semoga mendapat izin," kata M Syaripuddin.

Namun jika tak bisa terlaksana secara umum bagi seluruh Anggota Dewan, Ia nyatakan akan tetap upayakan konsep tersebut paling tidak untuk dapat terlaksana di Fraksi PDIP.

Bahkan Ia juga nyatakan pihaknya bisa saja nantinya memanfaatkan ruang Fraksi PDIP di Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel sebagai ruang aspirasi tersebut.

Selain itu, Ia juga nyatakan bermisi untuk lebih kuatkan kerjasama dan komunikasi antara DPRD dan SKPD-SKPD di Provinsi Kalsel.

Salah satunya dengan cara lebih sering melibatkan SKPD terkait dalam pembahasan berbagai persoalan baik dalam Rapat-Rapat di Komisi maupun dalam pembahasan yang melibatkan pihak Kementrian.

"Jadi pelibatan SKPD tidak hanya di pembahasan-pembahasan yang urgent, karena mereka juga miliki pandangan tersendiri terkait program-program yang dijalankan dan kondisi di lapangan," kata M Syaripuddin.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved