Sains

Wilayah Indonesia akan Alami Hari Tanpa Bayangan, Banjarmasin Pada 2 Oktober, Ini Jadwal Lengkapnya

Hari tanpa bayangan atau kulminasi atau transit atau istiwa' merupakan fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Wilayah Indonesia akan Alami Hari Tanpa Bayangan, Banjarmasin Pada 2 Oktober, Ini Jadwal Lengkapnya
Stasiun Klimatologi Klas I Banjarbaru
Hari tanpa bayangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fenomena alam, hari tanpa bayangan kembali terjadi tahun ini.  Sejumlah daerah di tanah air mengalami hari tanpa bayangan yang disebabkan posisi matahari paling tinggi.

Dilansir dari Kompas.com, mulai hari Minggu (8/9/2019) sampai Oktober nanti, Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan.

Hari tanpa bayangan atau kulminasi atau transit atau istiwa' merupakan fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

Baca: Gerak Semu Tahunan Matahari akan Membuat Kita Mengalami Hari Tanpa Bayangan Matahari di Maret Ini

Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Penyebab hari tanpa bayangan
Dilansir situs resmi BMKG, hari tanpa bayangan muncul karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Sehingga posisi Matahari dari Bumi akan terlihat berubah terus sepanjang tahun antara 23,5 LU sampai 23,5 LS, hal ini disebut sebagai gerak semu harian Matahari.

"Di tahun ini, Matahari tepat berada di khatulistiwa pada 21Maret 2019 pukul 05.00 WIB dan 23 September 2019 pukul 14.51 WIB," tulis BMKG.

Sementara pada 21 Juni 2019 pukul 22.55 WIB, Matahari berada di titik balik Utara (23,5 LU) dan pada 22 Desember 2018 pukul 11.21 WIB, Matahari berada di titik balik Selatan (23,5 LS).

Baca: Ketika Siang Hari Tanpa Bayangan, Kalsel Pun Bakal Mengalami Fenomena Ini

Waktu terjadinya hari tanpa bayangan di daerah Anda
Mengingat posisi Indonesia berada di sekitar ekuator, kulminasi utama alias hari tanpa bayangan di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved