Ekonomi dan Bisnis

Over Produksi dan Sempat Anjlok Rp 15.000 Per Kilo, Kini Harga Ayam Potong Kembali Keharga Ini

Memasuki September 2019, harga komoditas pangan bersifat fluktuatif. Seperti halnya daging ayam potong yang sempat anjlok sepekan lalu.

Over Produksi dan Sempat Anjlok Rp 15.000 Per Kilo, Kini Harga Ayam Potong Kembali Keharga Ini
Banjarmasinpost.co.id/Mariana
Aktivitas pedagang ayam potong di Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki September 2019, harga komoditas pangan bersifat fluktuatif. Seperti halnya daging ayam potong yang sempat anjlok sepekan lalu.

Pedagang ayam ras potong di Pasar Sentra Antasari, Hj Rahmah mengatakan, harga ayam saat ini kembali naik seharga Rp 22.000 per kg.

"Harganya naik sejak empat hari lalu, sebelumnya harga anjlok sekali sampai turun Rp 15.000 per kg untuk harga jual ke konsumen. Harga yang saya beli dari peternak Rp 13.000 per kg," paparnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (11/9/2019).

Terkait harga yang fluktuatif, dia mengaku kurang mengetahui faktor penyebabnya. Terjadi anjloknya harga dikatakannya penjualan di tempatnya relatif masih normal.

Ditemui Banjarmasinpost.co.id, tampak ayam yang sudah dibersihkan diletakkan Hj Rahmah di atas lapak dagangan.

Baca: Ungkapan Duka Selebritis Setelah Kabar BJ Habibie Meninggal, dari Syahrini hingga Maia Estianty

Baca: Klasemen Liga 1 2019 Seusai Hasil Persipura vs Persija 2-0 & PSM vs PSIS 0-1, Bali United di Puncak

Baca: Hasil Akhir Persipura vs Persija Jakarta di Liga 1 2019 : Skor Akhir 2-0, Persija di Zona Degradasi

Dia menjelaskan untuk harga yang ditawarkannya variatif tergantung ukuran satu ekor ayam. Yang berukuran kecil hingga sedang dibanderol Rp 24.000-28.000, sedangkan ayam berukuran besar seharga Rp 36.000-40.000.

Pasokan daging ayam tersebut didatangkannya dari Rumah Potong Ayam (RPH) Basirih, Banjarmasin. Yang mana RPH mendapatkan pasokan dari Pelaihari, Tanahlaut.

Ditambahkannya, pasokan ayam pun lancar tidak terjadi kelangkaan dari pihak pemasok bahkan melimpah. Sedangkan permintaan konsumen masih dalam tahap normal.

Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Banjarmasin, Sulasno menuturkan, faktor penyebab turunnya harga ayam saat ini, karena permintaan yang tetap atau stabil saja dari masyarakat atau konsumen, sedangkan stoknya melimpah.

Ditambahkannya, adanya permainan harga dari para pengusaha besar turut mempengaruhi fluktuatifnya harga ayam potong.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved