Ekonomi dan Bisnis

Bank Bukopin Banjarmasin Gelar Bimbingan Teknis Registrasi Badan Usaha dan Sosialisasi Bank Garansi

Dengan adanya Bank Garansi pemilik proyek akan mendapatkan kepastian proyek yang dijalankan sesuai dengan yang telah disepakati.

Bank Bukopin Banjarmasin Gelar Bimbingan Teknis Registrasi Badan Usaha dan Sosialisasi Bank Garansi
banjarmasin post.co.id/mariana
Bimbingan teknis registrasi Badan Usaha dan sosialisasi Bank Garansi, Modal Kerja Project Financing, dan Invoices Financing PT Bukopin Cabang Banjarmasin di Best Western Kindai Hotel, Kamis (12/9/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank Bukopin Cabang Banjarmasin menyelenggarakan bimbingan teknis terkait registrasi badan usaha dan sosialiasi Bank Garansi, bertempat di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin, Kamis (12/9/2019).

Bekerjasama dengan Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) cabang Banjarmasin dan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam kegiatan ini juga dibahas mengenai modal kerja project financing dan Invoices financing kepada seluruh peserta anggota AKLI.

"Adanya bimbingan teknis ini bagi anggota AKLI yang belum registrasi badan usaha, kebetulan dari AKLI Kalsel juga punya agenda serupa karena itulah kami bekerjasama melaksanakan kegiatan ini agar dua institusi bisa bersinergi," jelas General Manager Bank Bukopin Regional V Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Darmanto kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Wali Kota Banjarbaru Sosialisasikan KTR di Aula Dinas Pendidikan Banjarbaru

Dalam kesempatan ini Bukopin memaparkan produknya yakni Bank Garansi, merupakan jaminan dalam bentuk pernyataan tertulis yang diberikan oleh bank dalam penyelesaian suatu proyek ketika pelaksana atau kontraktor sebagai kontrak melakukan wanprestasi.

Dengan adanya Bank Garansi pemilik proyek akan mendapatkan kepastian proyek yang dijalankan sesuai dengan yang telah disepakati.

Kemudian Modal Kerja Project Financing, adalah pendanaan yang dibatasi untuk membiayai kegiatan produktif yang akan menjadi sumber pembayaran peminjam, seperti pengerjaan proyek tertentu berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) atau Purchase Order (PO).

Serta Invoices Financing atau pembiayaan tagihan adalah kegiatan pendanaan yang dilakukan dengan cara menjaminkan tagihan yang sedang berjalan sebagai sumber pembayaran pinjaman.

"Bukopin punya produk dan dari pihak AKLI membutuhkan produk kami, hal ini erat berkontribusi bagi pembangunan khususnya di Banjarmasin yang mana disini banyak proyek yang akan kami biayai, tentunya akan berdampak positif pada pemerintah setempat," ujarnya.

Bimbingan teknis registrasi Badan Usaha dan sosialisasi Bank Garansi, Modal Kerja Project Financing, dan Invoices Financing PT Bukopin Cabang Banjarmasin, di Best Western Kindai Hotel, Kamis (12/9/2019)
Bimbingan teknis registrasi Badan Usaha dan sosialisasi Bank Garansi, Modal Kerja Project Financing, dan Invoices Financing PT Bukopin Cabang Banjarmasin, di Best Western Kindai Hotel, Kamis (12/9/2019) (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Ditambahkannya, adanya kelancaran dalam hal pembiayaan maka akan menunjang garapan proyek berjalan sesuai rencana.

Baca: NEWSVIDEO : Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Kembali Terganggu, Jarak Pandang Hanya 300 Meter

Sementara itu, Ketua AKLI Provinsi Kalsel, Gusti Abdurrahman menyambut baik adanya penawaran kerjasama dari Bank Bukopin yang nantinya menjadi Bank Garansi dari para anggota AKLI.

"Anggota AKLI selalu terikat kontrak dan kontrak tersebut memerlukan Bank Garansi, sesuia regulasi yang berjalan saat ini menggunakan bank pemerintah atau BUMN. Kami sangat terbantu adanya fasilitas kerjasama dengan Askrindo dan kami berharap kerjasama dengan Bank Bukopin dapat membuat kami mudah mendapatkan proyek," ucapnya.

Pada bimbingan teknis ini turut hadir dari Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK). Pemateri dari LPJK, yakni Manager Registrasi dan Diklat Reson Manurung terkait registrasi badan usaha.

Di sesi penutup, dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Bank Bukopin, AKLI Kalsel, dan Askrindo dalam hal pembiayaan proyek. Setelah itu, saling bertukar cinderamata antara Bank Bukopin kepada AKLI dan Askrindo pun sebaliknya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved