Berita Banjarbaru

Gerbang Perbatasan di Km 18 Banjarbaru - Kabupaten Banjar Direncanakan Tetap Dibangun Tahun Ini

Sampai saat ini, setelah jalan A Yani dikawasan ini diperlebar, belum ada gerbang perbatasan antara Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Gerbang Perbatasan di Km 18 Banjarbaru - Kabupaten Banjar Direncanakan Tetap Dibangun Tahun Ini
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Lokasi perbatasan Banjarbaru - Kabupaten Banjar di Jalan A Yani Km 18 yang belum ada pembatasnya. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Gerbang perbatasan antara Pemerintah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang terletak di Km 18 Jalan A Yani akan dibangun pada tahun ini.

Sampai saat ini, setelah jalan A Yani dikawasan ini diperlebar, belum ada gerbang perbatasan antara Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

"Memang seharusnya ada gerbang perbatasan. Sehingga bisa diketahui wilayah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar," kata Rivan, Kamis, (12/9).

Warga Kota Banjarbaru ini mengatakan bahwa disejumlah wilayah lain ada gerbang perbatasan sebagai penanda batas wilayah.

"Seperti antara Banjarmasin dan Kabupaten Banjar ada batasnya. Antara Tapin dan Kabupaten Banjar ada juga," katanya.

Baca: Kalsel Diminta Memperkaya Data Sejarah Kejadian Bumi pada Geopark Nasional Meratus

Meski begitu, bukan harus serta merta dibangun bila memang belum ada anggarannya atau waktunya mepet. Mengingat, tahun ini hanya tersisa beberapa bulan saja.

Bila tetap dibangun tahun ini, tentunya akan memakai dana anggaran perubahan. Dengan waktu yang relatif singkat sekitar tiga bulan ke depan.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru Abdussamad mengatakan bahwa pembangunan gerbang perbatasan di Km 18 dalam proses.

"Rencana gerbang perbatasan akan dibangun sesuai nilai filosofis Kota Banjarbaru. Dari ornamen yang merepresentasikan tanggal lahir Banjarbaru hingga mengangkat tema Banjarbaru sebagai kota pelajar," katanya.

Gerbangnya juga tidak membentuk seperti Gapura yang menyambung. Tetapi di bagian kanan dan kiri serta tengah (median) jalan saja ada pilarnya. Mengingat untuk bentuk Gapura tidak diperbolehkan Balai Jalan karena alasan risiko keamanan lalu lintas.

Baca: Pasang Tiang Atap Rumah, Tukang Kayu di Banjarmasin Tewas Tersengat Listrik

Selain itu gerbang juga akan menyuguhkan karya seni arsitektur yang tegas dan kaya akan nilai filosofis. Tulisan Banjarbaru dan Martapura juga disematkan di bagian pilar gerbang.
Pilar gerbang akan futuristik dan modern.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak Pemkab Banjar dan telah menentukan titik. Jadi untuk pembangunan kita keseluruhan," katanya.

Kadis PUPR Banjarbaru Jaya Kresna menegaskan untuk proyek gerbang perbatasan di Km 18 akan dibangun tahun ini.

"Insya Allah kita sanggup, tidak bergeser, kita tetap mengusahakan membangun gerbang berbatasan itu," katanya.

Pihaknya optimis bisa membangun karena desainnya sudah rampung dan hanya tinggal anggarannya saja. (Banjarmasinpost.co.id/Rian)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved