Berita HST

Hari Terakhir Razia Patuh Intan, Segini Total Pelanggaran di HST, Alasannya Banyak Lupa Bawa Dompet

Mulai panik, itulah yang dirasakan oleh Norhainah, warga Desa Mandingin Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, saat razia kendaraan roda

Hari Terakhir Razia Patuh Intan, Segini Total Pelanggaran di HST, Alasannya Banyak Lupa Bawa Dompet
Banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Hari Terakhir Razia Patuh Intan, Segini Total Pelanggaran di HST, Alasannya Banyak Lupa Bawa Dompet 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Mulai panik, itulah yang dirasakan oleh Norhainah, warga Desa Mandingin Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, saat razia kendaraan roda dua Patuh Intan di Jalan PM Noor, Barabai atau di Halaman Mako Polres Hulu Sungai Tengah, Rabu (11/9/2019).

Ia lupa membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya. Sebenarnya, Norhainah tak sendiri kelupaan membawa SIM. Dari puluhan warga yang diperiksa, sebagian besar mengaku ketinggalan dompet maupun ketinggalan surat kendaraan bermotor.

Norhainah mengaku sudah dua kali bolak balik menuju pasar untuk membeli papan tulis. Nahas, kepergiaannya yang kedua membawanya pada surat tilang.

Padahal, bebernya, saat bepergian pertama ia membawa SIM yang dimasukan di tas berbeda. Namun, saat ia kembali lagi, Satuan Lalu Lintas Polres Hulu Sungai Tengah melakukan razia dan pemeriksaan alat kelengkapan surat berkendara.

Baca: Pemkab Banjar Kibarkan Bendera Setengah Tiang dan Turut Berdua Atas Berpulangnya BJ Habibie

Baca: Rasa Sesal Raffi Ahmad Tak Pacari Marshanda Bukan Laudya Cynthia Bella, Tanggapan Nagita Slavina?

Baca: NEWSVIDEO - Macan Gaib Tak Lelah Semangati Pemain dan Hibur Suporter Martapura FC

Norhainah berkali-kali menawarkan diri untuk mengambil SIM miliknya yang tertinggal di rumahnya di Mandingin. Maklum, lokasi rumahnya dengan Mako Polres Hulu Sungai Tengah berdekatan.

Sayangnya, ia tetap dikenakan tilang karena lalai tidak membawa kelengkapan surat berkendara. “Iya saya kelupaan saja. Yang dibawa tas ini, padahal SIM ada di tas satunya,” jelasnya.

Satuan Lalu Lintas Polres Hulu Tengah sudah melaksanakan perasi patuh intan sejak pada Kamis (29/8/2019) hingga Rabu (11/9/2019). Hasilnya, 432 pelanggaran dan dikenakan tilang. Tak hanya itu, cetatan teguran juga dilakukan oleh Polres Hulu Sungai Tengah kepada pengendara yang lalai sebanyak 343 kendaraan.

Kasat Lantas Polres Hulu Sungai Tengah, AKP Supriyatno, membeberkan jika pelanggaran ringan seperti lupa klik pada helm hanya diberikan teguran. Sedangkan kasus yang menimpa Norhainah yang lupa membawa SIM tetap ditilang.

“Itu masuk kategori lalai. Sanskinya ada bedanya denda tilangnya tak sebesar yang tidak punya SIM,” bebernya.

Selain menggelar razia, pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan tindakan preventif terhadap warga yang tidak mengenakan helm. Apalagi, kebanyakan pelanggar yang tak mengenakan helm lokasinya jauh dari pusat ibukota kabupaten. “Kami juga sosialisasi, agar mereka mengenakan helm saat berkendara. Tapi memang, kendala yang dihadapi seperti itu,” jelasnya.

Dibeberkannya, razia patuh kali ini memprioritaskan terhadap delapan pelanggaran lalu lintas dan berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Delapan pelanggaran itu yakni pengendara sepeda motor tanpa helem, pengemudi roda empat tak mengenakan safety belt, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi di bawah umur, pengemudi dalam keadaan mabuk saat berkendara, pengemudi yang menggukanan handphone saat mengendarai kendaraan, serta kendaraan menggunakan lampu strobo, rotator, dan sirine.

Selain itu prioritas pelanggaran yang ditilang yakni pengentara yang tidak mengunakan helm, melawan arus, dan berkendara di bawah umur.

Dibeberkannya titik rawan pelanggaran di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan sasaran razia yakni di daerah Simpang 10, Simpang Tengkarau, depan Mako Polres Hulu Sungai Tengah, Simpang Sei Tabuk, dan wilayah dalam Kota Barabai.

Operasi patuh intan digelar sejak 28 Agustus hingga 11 September. AKP Supriyatno, berpesan untuk keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan agar pengendara maupun pengemudi mematuhi peraturan lalu lintas. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved