Berita Kabupaten Banjar

Kabut Asap Kian Memekat, Begini Saran Mahasiswa Cantik Martapura Ini untuk Pemerintah dan Masyarakat

Sepekan terakhir kabut asap mulai kerap menyelubungi sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), termasuk di Kabupaten Banjar

Kabut Asap Kian Memekat, Begini Saran Mahasiswa Cantik Martapura Ini untuk Pemerintah dan Masyarakat
Nurul Hikmah untuk banjarmasinpost.co.id
Nurul Hikmah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sepekan terakhir kabut asap mulai kerap menyelubungi sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), termasuk di Kabupaten Banjar. Ada beberapa tempat di daerah ini yang kerap terselimuti asap.

Waktu tertentu terutama pagi dan petang, saputan asap lumayan tebal hingga memperpendek jarak pandang. Jelang subuh hingga pukul 08.30 Wita misalnya, kadang kabut asap menyelubungi beberapa tempat seperti di sekitar Lianganggang, Gambut hingga Kertakhanyar.

Kondisi itu berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat. Apalagi bagi mereka yang kerap atau harus beraktivitas dan bepergian saat pagi atau malam. Tebalnya kabut asap tak hanya mengganggu pernapasan, tapi juga mengaburkan pandangan serta mata terasa perih saat berkendara.

"Memang teramat mengganggu rutinitas sehari-hari saat bepergian. Sebelum dampaknya yang makin parah, pemerintah harus lebih aktif agresif melalukan langkah-langlah khusus," sebut Nurul Hikmah, Kamis (12/09/2019).

Baca: Jelang MotoGP San Marino 2019 - Maverick Vinales Bertekad Menjadi Pembalap Nomor Satu di Yamaha

Baca: Ini yang Dilakukan Wakil Bupati Kabupaten Banjar untuk Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie

Baca: Benarkah Republik Cinta Management Bangkrut, Nasib Istri Ahmad Dhani Mulan Jameela Terkini & Mita

Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Martapura, ini mengatakan instansi teknis terkait Pemkab Banjar harus bergegas melakukan berbagai upaya. Ini penting guna menghilangkan penyebab-penyebab yang mengakibatkan terjadinya kabut berkepanjangan saat ini.

Menurutnya, selain pemerintah, peran Palang Merah Indonesia (PMI) juga sangat dibutuhkan. "Misalnya dengan bakti sosial berupa pembagian masker gratis di jalan raya dan lain-lain," cetus sekretaris Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar ini.

Kepada masyarakat, Nurul berpesan sebaiknya sebelum berkendara lebih dulu mengecek keamanan. "Sebelum berkendara jangan lupa mengenakan masker penutup wajah dan kacamata agar terhindar dari polusi dan kabut yang berbahaya bagi kesehatan," tandas gadis cantik kelahiran Juni 1998 ini.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved