Berita Tapin

NEWSVIDEO : Kabut Asap Menebal di Paringin Dinkes Balangan Bagikan 3.000 Masker ke Pengguna Jalan

Pembagian masker tersebut dikarenakan kondisi kabut asap yang menyelimuti wilayah Paringin, Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan bagikan 3.000 lembar masker kepada pengendara jalan yang melintas di wilayah Paringin, Kamis (12/9/2019).

Pembagian masker tersebut dikarenakan kondisi kabut asap yang menyelimuti wilayah Paringin, Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

Ada dua lokasi pembagian masker yang dilakukan, yakni di depan Kantor Dinas Kesehatan Balangan, Jalan A Yani KM 2,5 Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin Selatan, Balangan dan di Jalan A Yani KM 0, Paringin Kota, Balangan.

Sejumlah pegawai dari Dinas Kesehatan Balangan nampak sibuk menyerahkan masker kepada pengendara. Keramahan mereka memberikan masker terdengar dari suara yang seolah diucapkan sembari tersenyum. Tentunya, saat pembagian makser, para pegawai Dinkes Balangan juga menggunakan masker sebagai contoh.

Baca: Kapolsek CLU Tapin Bagikan 1000 Lebar Maklumat Kapolda Soal Karhutla Door to Door

Beberapa pengendara memilih berhenti saat melihat adanya pembagian makser untuk menjaga kesehatan pernafasan tersebut. Mereka nampak antusias menerima alat bantu yang bermanfaat sebagai penyaring udara itu. Terutama menghindari polusi udara saat digunakan sebagai penutup mulut sekaligus hidung.

Warga Desa Juai, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Sarif yang melintas di kawasan 0 KM Paringin, merasa senang mendapatkan masker. Jelasnya apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan pagi itu sangatlah bagus. Khususnya mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan pernafasan mereka.

Sarif yang berkendara bersama istrinya mendapatkan masker penutup mulut yang langsung diserahkan oleh Kepala Dinas kesehatan Balangan, Erwan Karya Mega Latif.

Ya, kabut asap rupanya memang sudah dirasakan oleh Sarif, terutama aromanya. Bahkan kabut itu ujar Sarif juga membuat mata perih.

Baca: Pelantikan Pimpinan DPRD HSU Digelar di Amuntai, Polres HSU Bantu Pengamanan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Erwan Karya Mega Latif yang terlibat langsung dalam pembagian masker tersebut menerangkan manfaat dari fungsi atau penggunaan masker. Terutama untuk menjaga kesehatan pernafasan saat di luar ruangan.

Ia akui pula, saat ini kabut asap yang terjadi di wilayah Paringin dan sekitarnya memang cukup tebal. Sehingga untuk penanganan tersebut, pihaknya membagikan masker kepada masyarakat yang bertujuan mencegah resiko penderita ISPA.

"Kami membagikan masker ini untuk menyaring udara yang ada. Walaupun kualitasnya masih kurang, karena hanya bisa digunakan sekali atau dua kali. Tapi lumayan efektif untuk menjaga kesehatan pernafasan," ucap Erwin.

Baca: Korban Kebakaran Alalak Tengah Datangi Dewan, Minta Anggota DPRD Banjarmasin Tinjau Kondisi Mereka

Namun yang lebih diutamakan jelasnya ialah penyampaian kepada masyarakat bahwa apabila tidak ada kepentingan di luar rumah, maka kurangi aktivitas di luaran. Terutama untuk anak kecil.

Erwin pun menerangkan, saat ini pihaknya menyediakan kurang lebih 24 ribu masker. Namun yang dibagikan hari ini yakni 3.000 lembar masker.(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved