Berita Kalteng

Relawan Buka Layanan Konsultasi Kesehatan Gratis Dampak Asap, Wargapun Antusias Memeriksakan

Kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah hingga, Kamis (12/9/2019) masih tebal sehingga makin banyak

Relawan Buka Layanan Konsultasi Kesehatan Gratis Dampak Asap, Wargapun Antusias Memeriksakan
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Warga saat mengikuti pelayanan kesehatan gratis yang terdampak kabut asap. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah hingga, Kamis (12/9/2019) masih tebal sehingga makin banyak warga Kalteng yang terpapar asap sehingga mengakibatkan sebanya 22 ribuan warga yang terdampak Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Informasi adanya puluhan ribu warga Kalteng yang terdampak asap sehingga mengakibatkan terserang ISPA tersebut dibenarkan Sekda Prov Kalteng, Fahrizal Fitri, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menggulangi dampak kabut asap yang berdampak pada kesehatan masyarakat.

Sementara itu, relawan pun bermunculan untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan maupun untuk melakukan penanggulangan dampak asap yang telah mengganggu kesehatan masyarakat, karena banyak warga yang terpapar kabut asap sehingga terserang ISPA.

Baca: BOCAH LUAR BIASA, Anak Kelas 5 SD Ini Sudah Dua Tahun Rawat Ibu Tercintanya yang Stroke

Baca: Status Janda Ayu Ting Ting Ramai Disebut Saat Pria ini Muncul, Bukan Ivan atau Shaheer Sheikh

Baca: Viral Kisah Pilu Nenek Jauh-jauh dari Jember ke Bali Bawa Krupuk, Kangen Cucu Malah Diusir Sang Anak

Ketua PKS Kalteng, H Heru Hidayat, mengatakan, dampak kebakaran tersebut telah mengganggu kesehatan masyarakat sehingga diperlukan upaya bantuan baik itu pembagian masker dan layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

"Kegiatan konsultasi dan layanan kesehatan gratis dilakukan dalam rangka untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan sehingga gangguan penyakit yang disebabkan oleh kebakaran lahan bisa segera tertangani," ujar Heru.

Sementara itu, pantauan dari lokasi kegiatan di Kantor PKS Kalteng, terlihat antusias masyarakat untuk bisa berkonsultasi dan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, mereka mendapatkan informasi dari sosial media, undangan, dan pada saat lewat kantor.

Kegiatan konsultasi dan layanan kesehatan gratis tersebut, dibantu oleh dua orang dokter dan tenaga medis lainnya, sementara layanan kesehatan dasar efek dari kebakaran dan asap ada juga cek kolesterol, asam urat dan gula darah. "Semua layanan kesehatan ini dilakukan secara gratis bagi masyarakat termasuk para pemadam kebakaran," ujar Heru.

Rima Adhayana, seorang warga jalan George Obos diantara warga yang mendapatkan layanan kesehatan menyampaikan kesannya sangat terbantu dengan pemayanan kesehatan gratis tersebut, terutama warga yang kurang mampu dan mengalami sakit akibat asap."Kegiatan ini sangat baik sekali," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved