Bumi Sanggam

Dekranasda Balangan Pamerkan Produk Kerajinan Daerah di Balai Kartini, Jakarta

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Balangan membawa produk-produk kerajinan Bumi Sanggam ke pameran nasional yang dihelat

Dekranasda Balangan Pamerkan Produk Kerajinan Daerah di Balai Kartini, Jakarta
humas pemkab balangan
Stand Dekranasda Balangan pada acara Pameran Kriyanusa 2019 di Balai Kartini Jakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Balangan membawa produk-produk kerajinan Bumi Sanggam ke pameran nasional yang dihelat oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Perhelatan bertajuk Pameran Kriyanusa 2019 itu bertempat di Balai Kartini, Jakarta, dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla, Rabu 11 September 2019.

Pameran akan berlangsung hingga 15 September, diikuti oleh dekranasda dari ratusan daerah.

Ketua Dekranasda Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin mengungkapkan bahwa pameran ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk dari para perajin kepada pasar nasional, bahkan luar negeri, karena pameran digelar di ibukota negara.

"Produk-produk yang kita bawa ini dari para perajin. Sebelumnya kita beritahu mereka akan ada pameran, dan kita persilakan mereka yang punya produk untuk menitipkan produk," papar Nursidah menjelaskan asal-usul barang-barang yang dipajang di stand Dekranasda Balangan.

"Tidak ada batasan produknya harus begini-begitu, pokoknya asal masih muat tempatnya pasti kita bawa," tambahnya.

Nursidah mengakui, teknis penyelenggaraan stand pameran masih belum optimal.

Misalnya, para perajin belum ada inisiatif untuk memberikan kartu nama, brosur atau materi promosi lain untuk dibagikan kepada pengunjung.

Pihak Dekranasda sendiri tidak bisa memaksakan karena pembuatan materi promosi seperti itu memerlukan biaya.

"Mudah-mudahan pada pameran-pameran selanjutnya dapat kita perbaiki, supaya calon konsumen yang berminat pada produk-produk dari Balangan bisa menghubungi perajin tanpa harus menunggu ada pameran," ujar Nursidah.

Nursidah semakin ingin mendorong perajin membuat materi promosi karena produk-produk di stand pameran cukup diiminati oleh para pengunjung.

"Produk-produk kita memakai warna-warna alami, tidak terlalu mencolok. Itu rupanya lebih menarik bagi konsumen kita," pungkasnya. (aol/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved