Berita Kabupaten Banjar

Kembangkan Temuan Inovasi Santriwati, Ponpes Darul Hijrah Putri Bakal Lakukan Upaya Ini

Karya inovasi Nur Izzaty, santriwati kelas XI Jurusan IPS Ponpes Darul Hijrah Putri, Cindaialus, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel)

Kembangkan Temuan Inovasi Santriwati, Ponpes Darul Hijrah Putri Bakal Lakukan Upaya Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Nur Izzaty memperlihatkan karya inovasinya yakni lampu sein otomatis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Karya inovasi Nur Izzaty, santriwati kelas XI Jurusan IPS Ponpes Darul Hijrah Putri, Cindaialus, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), membuat bangga pihak ponpes setempat.

Temuan inovasi remaja asal Panarung, Palangkaraya (Kalteng), itu yakni menyempurnakan lampu sein kendaraan bermotor menjadi mati secara otomatis dalam waktu 17 detik.

Inovasi itu berfungsi meningkatkan keamanan pengendara karena memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas. Manfaat ini dirasakan pengendara ketika terlupa mematikan lampu sein dan bergerak berlawanan dengan lampu penanda berbelok tersebut.

Pqsalnya, lampu sein tersebut akan mati otomatis pada rentang jarak sekitar 50 meter atau 17 detik sejak diaktifkan. Jadi, tidak akan membingungkan pengendara lainnya yang berada di belakang.

Baca: Wakili Kalsel di Ajang Pelajar Pelopor di Jakarta Oktober Nanti, Ini Temuan Inovasi Nur Izzaty

Baca: Belum Berizin, Kapal Fery Teluk Gosong - Pulau Sebuku Belum Bisa Beroperasi

Baca: Hilangkan Jejak Aksinya, Pelaku Pembunuhan di OKU Selatan Ini Pura-pura Ikut Gali Kuburan Korban

Karya ilmiah itu tak cuma mengantarkan Izzaty sebavai wakil Kalsel pada pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional di Jakarta Oktober nanti, tapi juga diapresiasi tinggi oleh berbagai kalangan, termasuk dari pihak Ponpes Darul Hijrah.

Bahkan langkah khusus akan dilakukan oleh manajemen Ponpes Darul Hijrah Putri. Lembaga pendidikan berbasis agama (Islam) ini akan melindungi dan mengembangkan temuan ilmiah Izzaty tersebut.

Guru pembimbing Izzaty, Bakarudin, mengatakan inovasi anak didiknya itu akan dipatenkan. "Nanti setelah penampilannya di Jakarta insha Allah akan kami patenkan karena ini adalah hak cipta," ucapnya, Jumat (13/09/2019).

Ia menuturkan inovasi lampu sein otomatis itu kelak bahkan berkemungkinan akan dikembangkan untuk tujuan komersil sekolah.

"Apalagi saat ini pun sudah ada sejumlah pihak yang menanyakan kapan akan diproduksi dan dipasarkan," tandas guru KIR (Karya Ilmiah Remaja) Darul Hijrah Putri ini.

Pihaknya membuka diri jik ada pihak lain yang ingin membantu pengembangan inovasi lampu sein otomayis tersebut. "Misalnya ada perusahaan tertentu yang ingin kami memproduksi secara massal, tentu kami akan menyambutnya," ucap Bakarudin.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved