Ekonomi dan Bisnis

Resmi Dibuka, Produk UMKM dan Perbankan Syariah Tersaji dalam Stand Expo Fesyar-KTI 2019

Stand produk-produk Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah (UMKM) dipamerkan dalam acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Indonesia Timur (KTI) 2019

Resmi Dibuka, Produk UMKM dan Perbankan Syariah Tersaji dalam Stand Expo Fesyar-KTI 2019
Banjarmasinporst.co.id/Mariana
Stand Pameran produk UMKM Syariah Fesyar-KTI 2019, di Duta Mall Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Stand produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipamerkan dalam acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Indonesia Timur (KTI) 2019, yang bertempat di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kamis (12/9/2019) malam.

Terdapat 19 Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia yang terdiri dari wilayah Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang ambil bagian dalam Fesyar tahun ini.

Satu di antaranya stand KPw Balikpapan yang menyuguhkan berbagai produk halal mulai dari kerajinan dan kuliner berbasis syariah.

"UMKM syariah di Balikpapan didominasi kerajinan dan kuliner. Terutama produk kuliner yang sudah mendapat sertifikasi halal. Sedangkan kerajinan lebih kepada transaksinya yang sudah syariah. Seperti hari ini difasilitasi mesin EDC dari Mandiri Syariah," jelas Konsultan Fungsi Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM BI Balikpapan, Bambang Saputra kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Heli Water Boombing BNPB Mendarat Darurat, 20 Polisi dan TNI Begadang Amankan lokasi

Baca: Akhirnya Luna Maya Pamerkan Foto Pria Idamannya, Bukan Ariel NOAH atau Faisal Nasimuddin!

Baca: NEWSVIDEO : Kunjungi Kalsel Terkait Karhutla Di Kalsel, Pesawat Wakapolri Delay Karena Kabut Asap

Baca: Pemicu Sebenarnya Kemarahan Nikita Mirzani pada Elza Syarief di Acara Hotman Paris Show Terungkap

Produk kuliner kebanyakan dari produk sertifikasi halal misalnya seafood, kepiting, amplang ikan tenggiri, dan abon rajungan.

Saat ini halal lifestyle masyarakat saat ini diakuinya semakin meningkat. Sehingga mempermudah pemasaran produk-produk halal.

Sementara itu, ada pula booth layanan perbankan dari Sinarmas Syariah yang menyediakan berbagai souvenir menarik untuk transaksi perbankan yang dilakukan saat Fesyar berlangsung.

"Kami berikan doorprize menarik berupa kumpulan boneka untuk tabungan senilai Rp 250.000. Ada pula produk tabungan Simas Haji cukup setor Rp 2.100.000 nasabah akan mendapatkan sajadah. Dengan syarat saldonya dilock satu bulan Rp 2.000.000. Nasabah akan mendapatkan nisbah 0,75 persen per bulan," jelas Marketing Funding Rencana Tabungan Jemaah Haji (RTJH), Nuryadi.

Ada pula produk Mudharabah Muqoyadah, Mudharabah Passbook, Simas Gold IB Passbook, Deposito Online, Powersave Syariah, dan Program Tabungan Deposito New CIF.

Acara opening ceremony berlangsung meriah diiringi tarian tradisional khas Banjar. Dihadiri secara langsung Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Pemipin Umum Banjarmasin Post Group HG(P) Rusdi Effendi AR.

Dalam sambutannya, Kepala KPw BI Kalsel, Herawanto mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terlaksananya gelaran Fesyar-KTI 2019 di Banjarmasin, Kalsel.

Diakuinya terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah tidak terlepas dari akar sejarah sebagai salah satu pusat penyebaran Islam di nusantara.

"Merujuk pada kajian sejarah Kalsel, Suku Banjar merupakan sub etnis yang berasal dari Melayu pesisir yang mendiami wilayah Kalsel. Islam merupakan landasan budaya dan identitas komunitas orang Banjar. Kehadiran konsep ekonomi syariah di masyarakat Banjar sudah tidak asing karena berkaitan dengan nilai-nilai atau ajaran agama Islam. Seperti yang umum dilakukan setiap hari dalam transaksi jual beli adanya akad, si penjual ucapkan jual, dan pembeli ucapkan beli," paparnya.

Baca: Dua Warga Kaltim Ditangkap Edarkan Narkoba, Polisi Amankan 4 Paket Besar Sabu dan 300 Butir Ekstasi

Baca: Penampakan Pesawat di Kuburan BJ Habibie Seusai Pemakaman, Makam Presiden ke-3 RI Diserbu Warga

Baca: Belasan Hektare Kebun Karet Terbakar di Suato Tatakan Tapin Selatan

Acara ramah tamah dilaksanakan di Open Sky Mercure Hotel. Seluruh tamu disajikan menu-menu makan malam di pinggir kolam.

Pengguntingan bunga secara simbolis menandai dibuka secara resmi perhelatan Fesyar-KTI 2019. Setelah itu rombongan BI bergerak menuju stand-stand pameran produk syariah. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved