Serambi Mekkah

Tim Verifikasi Kabupaten & Kota Sehat 'Blusukan' ke Bumi Barakat, Ini Harapan Pemkab Banjar

Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 berada di Kabupaten Banjar

Tim Verifikasi Kabupaten & Kota Sehat 'Blusukan' ke Bumi Barakat, Ini Harapan Pemkab Banjar
Kominfo Kabupaten Banjar
Sekda Banjar HM Hilman (kiri) menyerahkan cenderamata berupa koran mini kepada Adhy Prasetyo Widodo (Tim Verifikasi KKS 2019), pada acara penyambutan di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (12/9). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 berada di Kabupaten Banjar, Kamis (12/09/2019). Mereka mengunjungi beberapa lokasi khusus (lokus) di daerah ini.

Kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman didampingi para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Acara penyambutan digelar di lantai dasar Aula Mahligai Sultan Adam, Martapura.

Bupati Banjar H Khalilurrahman diwakili Sekda Banjar HM Hilman mengapresiasi kedatangan Tim dari Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu. Apalagi mereka datang ke Banjar melakukan kegiatan penting dalam rangka penilaian Kabupaten/Kota sehat tingkat Nasional di Kabupaten Banjar.

Perwakilan Kemenkes RI, Adhy Prasetyo Widodo (Tim Verifikasi KKS 2019) mengecek dokumen pendukung di Bappelitbang Banjar.
Perwakilan Kemenkes RI, Adhy Prasetyo Widodo (Tim Verifikasi KKS 2019) mengecek dokumen pendukung di Bappelitbang Banjar. (Kominfo Kabupaten Banjar)

Kepada Tim, Hilman menjelaskan Kabupaten Banjar merupakan Kabupaten terluas ketiga di Provinsi Kalimantan Selatan. Daerah ini memiliki 20 kecamatan dengan jumlah penduduk sebanyak 571.573 jiwa. Dari jumlah ini, 281.070 jiwa di antaranya adalah perempuan.

“Kami sangat mengapresiasi dilaksanakannya verifikasi kabupaten/kota sehat yang merupakan program unggulan dari Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini," ucapnya.

Melalui program Kabupaten/Kota Sehat tersebut, lanjut Hilman, tentu akan mampu mewujudkan masyarakat yang hidup bersih, nyaman, aman, dan sehat. Masyarakat Banjar pun terus membiasakan diri hidup secara sehat.

Bersama Kadinkes Banjar Ikhwansyah beserta jajaran, Adhy Prasetyo Widodo dari Kemenkes RI berpose bersama seusai mengunjungi pelayanan di Puskesmas Martapura 1.
Bersama Kadinkes Banjar Ikhwansyah beserta jajaran, Adhy Prasetyo Widodo dari Kemenkes RI berpose bersama seusai mengunjungi pelayanan di Puskesmas Martapura 1. (Kominfo Kabupaten Banjar)

Sebagai upaya mewujudkan kabupaten sehat, pemerintah daerah telah menetapkan kawasan sehat di Kabupaten Banjar berdasarkan surat keputusan Bupati Banjar Nomor 188.45/253/kum/2017 tentang penetapan kawasan sehat. Serta membentuk Tim Pembina dan Tim Kelompok Kerja Kabupaten Sehat yang sesuai Surat Keputusan Bupati Banjar.

“Kami berharap kedatangan Tim Pusat Verifikasi Lapangan Penilaian Swastisaba Kabupaten/Kota di Kabupaten Banjar memacu OPD terkait melalui program dan kegiatan masing-masing sesuai tupoksi mampu turut serta berperan aktif menggerakan masyarakat untuk hidup sehat," tandasnya.

Tim Verifikasi KKS mengunjungi bank sampah di Kelurahan Sekumpul.
Tim Verifikasi KKS mengunjungi bank sampah di Kelurahan Sekumpul. (Kominfo Kabupaten Banjar)

Dikatakannya, melalui upaya bersama tersebut dipastikan akan mampu mewujudkan kehidupan masyarakat yang makin sehat dan berkualitas. Dengan begitu masyarakat menjadi kian produktif dan pada gilirannya dapat terwujud masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

Hilman berharap Tim Pusat Verifikasi Lapangan Penilaian Kabupaten/Kota Sehat berkenan memberikan bimbingan dan arahan bagi perbaikan terhadap kelemahan atau kekurangan yang ada di Banjar. Hal ini cukup penting dalam upaya mewujudkan Kabupaten Banjar sebagai Kota Sehat.(AOLA/*)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved