Bumi Sanggam

Bupati Balangan Road to Kampung Beri Layanan Kesehatan, Serahkan Bantuan Bedah Rumah dan Pendidikan

Kemeriahan Bupati Balangan Road to Kampung di Desa Matanghanau, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan nampaknya dinikmati oleh masyarakat setempat.

Bupati Balangan Road to Kampung Beri Layanan Kesehatan, Serahkan Bantuan Bedah Rumah dan Pendidikan
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, H Ansharuddin serahkan bantuan rumah tidak layak huni kepada warga yang layak mendapatkan di Desa Matanghanau, Kecamatan Lampihong, Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kemeriahan Bupati Balangan Road to Kampung di Desa Matanghanau, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan nampaknya dinikmati oleh masyarakat setempat.

Kegiatan yang dijadwalkan sejak Jumat (13/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019) tersebut membuat sejumlah masyarakat beramai-ramai terlibat. Mereka mendatangi tempat terlaksananaya kegiatan di Desa Matanghanau RT 3, Kecamatan Lampihong.

Ada beberapa kegiatan yang digelar pada acara Bupati Road to Kampung itu. Di antaranya sejumlah pelayanan gratis, yakni pelayanan kesehatan, Disdukcapil, BPJS, pelayanan KB dan pelayanan pajak, yakni PBB P2.

Tak hanya itu, pada malam harinya, saprah amal juga dilakukan. Dimanana Bupati Balangan, H Ansharuddin turut serta secara langsung melakukan pelelangan tersebut. Dirinyalah yang menawarkan produk yang dilelang. Adapun hasil lelang diperuntukan pada pembangunan masjid di desa tersebut.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mencongkel bangunan rumah warga yang akan diberbaiki melalui bantuan dari Pemkab Balangan
Bupati Balangan, H Ansharuddin mencongkel bangunan rumah warga yang akan diberbaiki melalui bantuan dari Pemkab Balangan (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Pada lelang yang berlangsung Jumat (13/9/2019) malam itu, jumlah dana yang didapat mencapai Rp 165 juta. Dari angka tersebut membuat pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini bersyukur atas apa yang dihasilkan dan diperuntukan pada pembangunan tempat ibadah.

Kegiatan Bupati Road to Kampung berlanjut pada Sabtu (14/9/2019). Bupati Balangan, H Ansharuddin mengisi sejumlah acara yang sudah diagendakan, yakni sunatan masal, bedah rumah, bantuan rumah tidak layak huni, serta bantuan untuk siswa SD di desa tersebut.

Ketika melihat acara sunatan masal, H Ansharuddin terlihat akrab dengan sejumlah anak. Ia bahkan secara simbolis menyerahkan snack serta memasangkan sarung kepada anak yang sudah disunat. Selain itu, interaksi antar H Ansharuddin dengan beberapa anak yang disunat nampak hangat.

Pascamendatangi acara sunatan masal, ia melanjutkan kegiatan menuju Desa Transmigrasi yang masih satu kawasan di Desa Matanghanau.

Warga disana mendapatkan bantuan perbaikan rumah senilai Rp 30.000.000 dan Rp 17.500.000, tergantung tingkat kerusakan yang dialami. Adapun jumlah KK yang dibantu yakni sebanyak 16 orang.

Secara simbolis, H Ansharuddin juga menyerahkan bantuan tersebut, kemudian berlanjut pada penyerahan bantuan tehadap perwakilan warga yang juga mendapat bantuan perbaikan rumah tidak layak huni. Bahkan H Ansharuddin memulai untuk merubuhkan rumah tersebut yang kemudian diperbaiki dengan bangunan yang baru.

Bupati Balangan, H Ansharuddin serahkan bantuan rumah tidak layak huni kepada warga yang layak mendapatkan di Desa Matanghanau, Kecamatan Lampihong, Balangan
Bupati Balangan, H Ansharuddin serahkan bantuan rumah tidak layak huni kepada warga yang layak mendapatkan di Desa Matanghanau, Kecamatan Lampihong, Balangan (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Kegiatan lainnya yakni penyerahan bantuan sejumlah perlengkapan sekolah kepada siswa SD di desa tersebut. Disusul acara bersama masyarakat yakni bekacal atau begalau yang dikenal sebagai cara traditional maryarakat Balangan untuk menangkap ikan.

Pada program yang pertama kali dijalankan di tahun 2019 ini, H Ansharuddin merasakan kesan yang mendalam. Ia melihat secara langsung bagaimana antusias masyarakat pada kegiatan pelayanan. Selain itu kebersamaan yang terjalin di dalamnya.

Bahkan pada kesempatan tersebut, Bupati Balangan ini juga mendengarkan aspirasi masyarakat yang ke depan ujarnya akan diupayakan untuk dilaksanakan. Kegiatan serupa pun akan berlanjut pada sejumlah kecamatan lainnya di Balangan.

"Ke depan, mudah-mudahan, sebagaimana visi dan misi Kabupaten Balangan yakni terwujudnya sumber daya manusia yang unggul. Selain itu kami akan terus memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya pada bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur," tutupnya. (*/aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved