Berita Kotabaru

Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Sudah Siapkan Lahan 14 Hektare di Serongga Untuk TPA

Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Kotabaru masih sangat minim. Sebab baru ada satu TPA di Pulau Laut Tengah.

Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Sudah Siapkan Lahan 14 Hektare di Serongga Untuk TPA
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kadis Lingkungan Hidup Kotabaru Arif Fadillah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Kotabaru masih sangat minim. Sebab baru ada satu TPA di Pulau Laut Tengah.

Tepatnya TPA Kotabaru berada di Desa Sungup Kanan Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru. Sementara diwilayah Kelumpang dan Pamukan yang berada di Pulau Kalimantan itu belum meiliki TPA.

Sebab itu, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menambahkan TPA di Kabupaten Kotabaru yang ditempatkan di Pulau Kalimantan. Saat ini, DLH sudah menyiapkan lahan di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru.

Hal ini diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Arif Fadillah kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (14/9/19). Dia menjelaskan terkat ketersedian lahan yang ada di wilayah Serongga.

"Lahannya sudah kita siapkan seluas 14 hektar di kawasan Serongga. 14 hektar itu berupa hamparan mengacu pada standar lahan peruntukan TPA, " kata Arif.

Baca: Belasan Hektare Kebun Cabai Terbakar, Rugi Ratusan Juta Diderita Petani Cabai Hiyung Tapin Tengah

Baca: 8 Wafat, Kedatangan Jemaah Keloter 18 Jadi Pamungkas dari Haji Kalteng, Ini Harapan Kemenag Kalteng

Lahan itu akan mulai digarap untuk pembuatan TPA yang nantinya menangangi khusus yang ada di wilayah Kotabaru di Pulau Kalimantan. Sementara TPA yang ada masih dari kumpulan semua daerah di Pulau Laut, Sebuku dan Pulau Sembilan.

" Idealnya memang kita harus punya beberapa TPA karena Kotabaru ini terdiri dari Pulau-pulau. Ini yang sedang kita upayakan secara bertahap untuk penanganan sampah di Kotabaru, " katanya.

Sementara itu, warga pun dihimbau untuk membentuk Bank Sampah di wilayahnya masing-masing. Sehingga saat melihat sampah bisa melihat pundi-pundi uang dibalik sampah tersebut.

" Kita harap Bank Sampah ini terus bertambah. Sementara ini binaan DLH baru ada sebanyak 10 Bank Sampah, " katanya.(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved