Berita Balangan

NEWSVIDEO : Wisata Alam Gua Lihan, Tawarkan Kerlap Kerlip Cahaya Dibebatuan

Pasalnya, karena merupakan desa paling ujung di Kabupaten Balangan, hutan di kampung pedalaman ini pun masih nampak perawan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Menjadi daerah yang dibatasi beberapa wilayah kabupaten, membuat Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan memiliki objek wisata yang masih dianggap sangat asri.

Pasalnya, karena merupakan desa paling ujung di Kabupaten Balangan, hutan di kampung pedalaman ini pun masih nampak perawan.

Desa Liyu menawarkan keindahan alam dan budaya adat di dalamnya. Bahkan hendak dicanangkan sebagai Desa Wisata.

Kurang lebih lima belas menit dari permukiman penduduk, Desa Liyu yakni Gua Lihan menjadi objek wisata alam yang ditawarkan desa tersebut. Gua itu masih nampak murni tanpa ada sentuhan yang diubah oleh warga setempat.

Baca: Ragam Pertunjukan di Pagelaran Seni Budaya Banjar di Siring, Mulai Kuntau, Mamanda hingga Madihin

Keindahan Gua Lihan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sebagaimana yang disampaikan oleh Warga Desa Liyu, Apriana yang sudah beberapa kali masuk ke tempat tersebut. Ia mengaku merasa terpesona dengan kondisi dalam gua. Apalagi bebatuan yang mengkilap dalam gelap.

"Pertama kali melihat isi gua itu, bagus sekali. Saya suka stalagmit dan stalaktitnya," ucap Apriana.

Gua Lihan atau Gua Landak Desa Liyu memiliki sejarah bagi masyarakat setempat. Sebagaimana disampaikan oleh kepala Desa Liyu, Sukri, Gua Lihan dulunya merupakan tempat tinggal seorang lelaki yang bernama Lihan, warga Desa Liyu.

Lihan dulunya mencari landak di gua tersebut. Sehingga nama Gua Lihan atau Gua Landak disematkan.

"Gua ini menjadi tempat peristirahatan Lihan. Jadi disini dia juga menagkap landak dan beristirahat serta dijadikan tempat tinggal," ucap Sukri.

Pada kegiatan Masewah Pare Gumboh pada Juli kemaren, Gua Lihan dikunjungi oleh lebih dari 100 orang wisatawan. Sukri memperkenalkan gua tersebut kepada para pengunjung yang datang. Adapun kapasitas ruangan gua mencapai 140 orang.

Baca: Danramil Haruai Bantu Warga Perbaiki Rumah Tak Layak Huni di Desa Usih Bintang Ara

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved