Berita Banjarmasin

Ribuan Peluang Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Terbuka Setiap Tahun

Peluang Putra-Putri Bangsa termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi melalui jalur beasiswa masih terbuka

Ribuan Peluang Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Terbuka Setiap Tahun
banjarmasinpost.co.id/acm
Para mahasiswa-mahasiswi kunjungi stand beasiswa di WISH Festival 2019 di ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peluang Putra-Putri Bangsa termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi melalui jalur beasiswa masih terbuka lebar.

Pasalnya, setiap tahun ribuan peluang beasiswa pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri berlalu begitu saja dan belum termanfaatkan.

Hal ini terungkap dalam gelaran Roadshow World Scholarship Indonesia (WISH) Festival 2019 yang digelar di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sabtu (14/9/2019).

Menurut Presiden Mata Garuda yang merupakan Organisasi Alumni Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Phatur Razi, dari Pemerintah Indonesia saja melalui LPDP setiap tahun menyediakan beasiswa sebanyak 4.000 kuota.

Baca: Baju Seksi Ayu Ting Ting Saat di Labuan Bajo Disorot, Penampilan Teman Ivan Gunawan dan Ruben Onsu

Baca: Rida Temui Kenyataan Putrinya Tewas Dianiaya Ibu Tirinya, Sempat Mimpi Sang Anak Minta Digendong

Baca: Target Jessica Iskandar Lumpuh Teror Mistis yang Tak Kalah Seram dari Ruben Onsu Ashanty

Namun dari jumlah tersebut, rata-rata hanya 1.200 kuota beasiswa yang terisi.

Belum lagi ratusan kuota beasiswa dari Pemerintah atau lembaga luar negeri yang ditawarkan kepada Indonesia setiap tahunnya juga masih banyak yang belum termanfaatkan.

Dijelaskan Phatur, hal ini disebabkan karena masih banyaknya peserta calon penerima beasiswa belum memenuhi kriteria yang ditetapkan.

"Beasiswa bukan soal kuota, tapi kelayakan seseorang menerima beasiswa," kata Phatur.

Selain prestasi akademik, kemampuan berkomunikasi termasuk dengan bahasa asing, kepemimpinan dan kesiapan mental adalah hal penting untuk bisa sukses dapatkan beasiswa.

Namun di luar semua itu, faktor informasi akan peluang dan cara untuk bisa terkualifikasi sebagai penerima beasiswa juga tak kalah penting.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved