Berita Banjarmasin

Teluk Dalam Banjarmasin Dijadikan Percontohan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

50 persen masyarakat di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Teluk Dalam Banjarmasin Dijadikan Percontohan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan
HO/BPJS Ketenagakerjaan
Launching Kelurahan Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan di Kelurahan Teluk Dalam, Sabtu (14/9/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - 50 persen masyarakat di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kesadaran di tingkat RT yang cukup baik terhadap sosialisasi yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan di lingkup kelurahan, memantik kesadaran masyarakat dalam antisipasi risiko kerja yang bisa terjadi kapan saja.

Hal ini diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin, Dian Zulfikar dalam acara Launching Kelurahan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kelurahan Teluk Dalam, Sabtu (14/9/2019).

"Kami resmi menunjuk Kelurahan Teluk Dalam sebagai Kelurahan Sadar terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan, dan kelurahan ini sebagai pilot project atau percontohan bagi kelurahan lainnya di Banjarmasin," ucapnya seperti dalam rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Transaksi Business Matching Selama Fesyar-KTI 2019 Rp 2,6 Triliun, Penjualan UMKM Rp 5,34 Miliar

Sebelumnya Kelurahan Sadar diberikan kepada Kelurahan Alalak Utara pada 2017 lalu. Dan di tahun ini kembali launching Kelurahan Sadar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat utamanya pekerja demi mendapatkan hak perlindungan penuh atas kemungkinan terburuk dalam bekerja.

Selain pekerja kantoran atau perusahaan, kini para pedagang kecil misalnya pedagang kaki lima, sayur mayur, dan pedagang lainnya bisa mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri dengan iuran Rp 16.800 per bulan.

Dalam launching Kelurahan Sadar, Dian Zulfikar selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin melakukan penandatangan MoU bersama Lurah Teluk Dalam, Johansyah disaksikan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang turut hadir.

"Kami sangat berterima kasih atas program dari BPJS Ketenagakerjaan ini, semua RT di Banjarmasin sudah menjadi peserta. Kami berharap masyarakat juga demikian, semua biaya kecelakaan dicover teemasuk meninggal dunia. Manfaatnya pun juga terasa bagi keluarga," kata Ibnu Sina

Baca: Dapur Tagana Kota Banjarmasin Umum Tutup, Korban kebakaran Alalak Selatan Sedih dan Bingung

Sementara itu, Johansyah selaku Lurah mengucap syukur dan gembira kelurahan yang dipimpinnya dipercaya sebagai Kelurahan Sadar.

"Sejauh ini perangkat masyarakat di Teluk Dalam sudah menjadi peserta, ada lima RW, 68 RT, dan 1 Lurah. Dan beberapa warga sudah sadar untuk juga ikut BPJS Ketenagakerjaan, hal ini sangat memotivasi semua warga agar mendapatkan perlindungan," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved