Breaking News:

Kriminalitas Banjarbaru

BREAKING NEWS- Kepergok! Pelaku Mau Bakar Lahan di Banjarbaru Lari Kocar-kacir, Satgas Amankan Motor

Personel Satuan Tugas Gabungan Tim -5 Subsatgas Kodim 1006 Martapura kembali menemukan dan memburu rencana pembakaran lahan

Humas Kodim 1006 Martapura
Usai lari Motor terduga pelaku disita petugas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Personel Satuan Tugas Gabungan Tim -5 Subsatgas Kodim 1006 Martapura kembali menemukan dan memburu rencana pembakaran lahan.

Hal ini terjadi perkampungan area tanah milik TNI- AD Rt.19 Rw.05 Sungai Ulin Banjarbaru saat petugas sedang melakukan pemadaman api.

Babinsa Koramil -07/ Bjb Pelda Supiyan tergabung Tim-5 Satgas Karhutla bersama dengan relawan Muhammad (47) menyita sebuah kendaraan Beat warna putih DA 6595 PC yang ditingal lari pelaku saat ingin melakukan pembakaran lahan oleh Babinsa sungai ulin Pelda Supiyan bersama dengan relawan Muhamad. Selanjutnya kendaraan diamankan ke Koramil 07/Bjb

Sekitar pukul 13.15.wita Babinsa Sungai ulin Pelda Supiyan bersama relawan Muhamad (46 ) dan Satgas lainnya sedang melaksanakan pemadaman api di jalan Tol Tanah milik TNI - AD.

Baca: PENGUNGKAPAN Terbaru Kasus Veronica Koman, Temukan 6 Rekening hingga Korban Kriminalisasi Polisi

Baca: Ketidaksabaran Irish Bella Gara-gara Hasil USG Kandungannya, Wajah Bayi Kembar Ammar Zoni Disorot

Baca: Kebohongan Andhika Pratama pada Ussy Sulistiawaty Terbongkar di Depan Shandy Aulia

Setelah api padam seorang relawan Muhamad (46) minta ijin untuk melaksanakan patroli di seputaran kebun lombok milik warga dan nanti istirahat bertemu di pos tinjau, dalam perjalanan patroli Muhamad menemukan dua orang sedang melakukan pembakaran. Maka dengan bergegas Muhamad langsung mendatangi kedua orang tersebut.

Melihat ada orang yang datang kedua orang itu melarikan diri dan meningalkan kendaraan Beat warna putih DA 6595 PC.

Selanjutnya Muhamad lapor Babinsa bahwa kendaraan beat warna putih kepunyaan tersangka ditingal di lokasi. Setelah dicek kemudian dilaporkan ke Danramil, saat ini barang bukti kendaraan di amankan dikantor Koramil 07/Bjb.

Dandim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan Upaya yang kini dilakukan pengendalian karhutla yang disebabkan oleh ulah manusia perlu dilakukan tindakan pembinaan dan penegakan hukum secara tegas.

Dirinya tidak mau mentolerir jika masyarakat selama ini melakukan pembakaran lahan tidak bisa dibina untuk mengubah kebiasaan buruknya pada setiap memasuki musim kemarau itu,anggota satgas di lapangan diperintahkan tidak segan-segan melakukan tindakan hukum secara tegas dan terukur.

"Personel satgas saya perintahkan mengambil tindakan tegas Karhutla kepada siapa pun yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Triomarsidi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved