Berita Batola

Kabut Asap, Dinkes Batola Minta Warga Perbanyak Minum Air Putih

PERBANYAK minum air putih untuk menghindari dehidrasi atau kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga

Kabut Asap, Dinkes Batola Minta Warga Perbanyak Minum Air Putih
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
SEMUA guru SMAN1 Alalak, Kabupaten Batola memakai masker di ruang guru, Jumat (5/10/18) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - PERBANYAK minum air putih untuk menghindari dehidrasi atau kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

“Iya selama musim kabut asap, kita harapkan warga perbanyak minum air putih. Ini penting,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batola, dr Azizah, Minggu (15/9/19).

Menurut Azizah, kabut asap akan berpotensi menimbulkan paru-paru, asma, jantung dan peningkatan ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Batola mengambil langkah cepat menyikapi keberadaan asap kian menebal di Kabupaten Botola, terutama Kamis (12/9/19) pagi lalu, di kawasan Kecamatan Alalak dan Kecamatan Mandastana.

Baca: Cinta Lain BJ Habibie Sebelum Bertemu Ainun Buat Ibunda Susul ke Jerman

Baca: Foto Syur Diterima Kontak Bebby Fey Malah Diblok Youtuber, Emosi Sang DJ Beberkan Sosok Pria ini

Baca: Kelakuan Farhat Abbas di Eropa Dibongkar Nikita Mirzani dan Hotman Paris Kompak Serang Teman Elza

“Saat ini sudah terjadi serangan kabut asap. Kita pun sudah membuat surat edaran kepada seluruh UPT Puskemas di Kabupaten Batola untuk menyikapi cepat kabut asap ini,” ujarnya.

Menurut Azizah, peralihan musim penghujan ke kemarau berpotensi terjadinya peningkatan ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut.

“Kabut asap juga berpotensi buruk kepada bayi dan manula. Jika tidak tertangani dengan baik, maka bisa berpotensi terhadap kejadian luar biasa (KLB) ,” katanya.

Sementara itu SMAN 1 Alalak, Kabupaten Batola, mengingatkan agar semua siswa untuk selalu memakai masker pada musim kabut asap seperti ini.

Setidaknya, dua ancaman saat musim kemarau yang akan dihadapi pihak SMAN 1 Alalak, yakni debu dan asap.

“Iya ancaman debu dan asap itu rutin pada musim kemarau. Semua siswa kita ingatkan bawa masker saat pergi ke sekolah,” kata Kepala SMAN 1 Alalak Kabupaten Batola, Drs Rusmin MAP.

Halaman
12
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved