Ekonomi dan Bisnis

Ditargetkan Rp 2,559 Triliun, Realisasi Penerimaan Pajak KPP Banjarmasin Selatan September 61,05 %

Realisasi penerimaan pajak di KPP Pratama Banjarmasin Selatan hingga 16 September 2019 mencapai 61,05 persen atau Rp 1,562 triliun atau mengalami

Ditargetkan Rp 2,559 Triliun, Realisasi Penerimaan Pajak KPP Banjarmasin Selatan September 61,05 %
Banjarmasinpost.co.id/Mariana
Tax Gathering 2019, Kayuh Baimbai Membangun Kota Seribu Sungai oleh KPP Pratama Banjarmasin Selatan, di Hotel Rattan In Banjarmasin, Senin (16/9/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Realisasi penerimaan pajak di KPP Pratama Banjarmasin Selatan hingga 16 September 2019 mencapai 61,05 persen atau Rp 1,562 triliun atau mengalami pertumbuhan 15 persen year on year dari target penerimaan Rp 2,559 triliun.

Hal ini diungkapkan Kepala KPP Pratama Banjarmasin Selatan, Sudarmawan Haris Hartadi dalam acara Tax Gathering 2019 bertema Kayuh Baimbai Membangun Kota Seribu Sungai, yang berlangsung Hotel Rattan In Banjarmasin, Senin (16/9/2019).

Ditambahkannya, sekitar 38 persen penerimaan pajak yang belum terealisasi sehingga melalui adanya Tax Gathering, Wajib Pajak (WP) yang belum menunaikan kewajiban pembayaran pajak bisa segera menyelesaikan.

"Ada lima sektor yang dominan dalam mendukung penerimaan yakni sektor pedagang berkontribusi 29 persen, pertambangan berkontribusi 24 persen, sektor jasa keuangan dan asuransi 20 persen, sektor transportasi dan pergudangan 8 persen, dan sektor administrasi dan pemerintahan sebesar 5 persen," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Timnas U-16 Indonesia vs Filipina di RCTI & Mola.TV, Ini Susunan Pemain

Baca: Ramalan Zodiak Besok Selasa, 17 September 2019: Taurus Manjakan Diri, Scorpio Emosi Sejak Pagi

Baca: Hasil Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 - Menang 5-1, Brunei Darussalam Geser Posisi Indonesia

Sudarmawan mengatakan, tujuan adanya kegiatan ini sebagai ajang untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi yang baik antara KPP Pratama Banjarmasin Selatan dan para stakeholder, masyarakat Wajib Pajak Kota Banjarmasin.

Selain itu, pihaknya memberikan apresiasi dan penghargaan Kepada para WP utamanya 100 besar WP yang telah berkontribusi kepada penerimaan negara. Adanya apresiasi ini diharapkan menjadi motivasi kepada para WP ke depan untuk lebih patuh dalam pelaporan dan pembayaran pajak.

"Selain itu, kami sebentar lagi tepatnya tanggal 1 Oktober 2019 memperingati usia KPP Pratama Banjarmasin Selatan 1 tahun, sehingga Tax Gatjering ini sebagai rangkaian HUT kami yang pertama," ucapnya.

Sementara itu, Iskandar Widodo dari DJP Kalselteng mengatakan, untuk lingkup Kanwil Kalimantan
Selatan dan Tengah sebesar Rp 15,854 triliun.

Pada acara Tax Gathering ini turut mengundang para tokoh masyarakat salah satunya Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, HG(P) Rusdi Effendi AR, para pimpinan asosiasi antara lain, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan 100 besar WP yang dinilai patuh dan taat pajak. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)


Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved