Berita Kotabaru

Kemarau Diperkirakan Hingga Oktober, BPBD Khawatir Kotabaru Alami Krisis Air Bersih

Kemarau yang terjadi di Kotabaru tidak hanya berdampak kebakaran lahan, namun dikhawatirkan bakal menyebabkan krisis air bersih

Kemarau Diperkirakan Hingga Oktober, BPBD Khawatir Kotabaru Alami Krisis Air Bersih
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
DPRD Kotabaru Sidk Embung Tirawan yang terlihat mulai kering 

BANJARMASINPOST.CO.ID. KOTABARU - Kemarau yang terjadi tahun ini membuat  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotabaru, belakangan ini hampir terjadi tiap hari.

Bahkan pada Senin (16/9/19) kembali terjadi kebakaran hutan. Meski tidak terlalu parah namun kebakaran ini menjadi perhatian penting untuk ditangani.

Tak hanya kebakaran lahan, BPBD Kotabaru juga mengkhawatirkan ketersediaan air bersih di Kotabaru jika kemarau terus terjadi. Apalagi, kemarau ini akan terjadi hingga Oktober mendatang.

Hal ini diakui Sekretris BPBD Kotabaru H Rusian Ahmadi Jaya. Dia mengatakan sesuai dengan perkiraan BMKG, kemarau di Kotabaru terjadi pada Agustus, September hingga Oktober mendatang.

" Kalau perkiraan BMKG seperti itu. Kita juga kawatir, kalau tak ada hujan dalam waktu dekat ini, Kotabaru bakal lebih kesulitan mendapatkan air, " katanya.

Baca: Hasil Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 - Menang 5-1, Brunei Darussalam Geser Posisi Indonesia

Baca: Karhutla di Desa Tatah Badandan Kertak Hanyar Dekati Bangunan Panti, BPK Kesulitan Dapatkan Air

Baca: Sejak Kabut Asap Menyerang, Siswa Pandahan Keluhkan Batuk

Baca: NEWSVIDEO : Menghina Relawan Pemadam Kebakaran di Akun Sosmednya, Seorang Pemuda Diladukan ke Polisi

BPBD Kotabaru juga terus berkoordinasi dengan pihak PDAM. Sebab sejumlah waduk atau embung milik PDAM sudah mengering bahkan sudah sulit untuk didistribusikan kepada pelanggannya.

"Kalau tidak ada hujan sampai minggu depan, kami khawatir tak akan bisa distribusi air lagi. Makanya kami baru dapat informasi di wilayah Sigam ada sumber air dan akan kami cek, " katanya.

Saat ini jajarannya bersama PDAM sudah menyiapkan mobil tangki untuk distribusi air. Saat ini juga sudah mulai mendistribusikan air dan jajarannya juga masih terus berkoordinasi terkait upaya-upaya penanggulangan air bersih kepada masyarakat. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved