Berita Balangan

NEWSVIDEO : Gubernur Kalsel Resmikan Balai Temu Rakyat Dayak Pitap

Tarian adat dari Suku Dayak Pitap, Desa Langkap, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Paringin menyambut kedatangan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Tarian adat dari Suku Dayak Pitap, Desa Langkap, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Paringin menyambut kedatangan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Persembahan tersebut diberikan kepada pimpinan bumi lambung mangkurat ini dalam rangka peresmian balai temu rakyat Dayak Pitap, Senin (16/9/2019).

Bupati Balangan, H Ansharuddin dan jajaran beserta Forkopimda Balangan turut menyambut kepala daerah yang akrab disapa Paman Birin tersebut. Jabat tangan dan pelukan tersaji dalam pertemuan itu.

Keberadaan balai temu rakyat Dayak Pitap rupanya baru dimiliki. Sebelumnya warga setempat tidak memiliki tempat atau aula yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Baca: BREAKING NEWS : Meski Suasana Gelap, Relawan dan Warga Tak Menyerah Cari Pemuda Diduga Tenggelam

Baca: Penderita Asma Pilih Mengungsi ke Jawa, Pemkab Kotim Siapkan Ruang Oksigen Bagi Warga Terpapar Asap

Baca: Sambut Jemaah Haji Kalsel Kloter 19, Paman Birin Doakan Haji Kalsel Semua Mabrur.

Baca: Karhutla di Desa Tatah Badandan Kertak Hanyar Dekati Bangunan Panti, BPK Kesulitan Dapatkan Air

Pemimpin Lembaga Adat Dayak Pitap, Aliudur begitu terharu akan keberadaan balai tersebut. Ia bahkan sempat menangis sembari berterimakasih kepada Gubernur Kalsel karena telah membantu untuk biaya pembangunan. Apalagi tempat tersebut ujarnya sudah 20 tahun dinanti.

"Sejak 20 tahun lalu kami mengharapkan adanya bangunan balai rakyat ini. Kami sangat bangga dan berterimakasih sekali karena saat pimpinan Paman Birin ini, kami bisa punya balai adat," ucapnya.

Bangunan balai temu rakyat Dayak Pitap ujarnya akan dimanfaatkan sebagai balai serbaguna. Sehingga digunakan untuk berbagai kegiatan. Baik acara adat maupun acara keagamaan.

Tak hanya kepada Paman Birin, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Aliudur kepada Bupati Balangan. Terutama pada pembangunan yang sudah dilakukan oleh pimpinan wilayah berjuluk bumi sanggam ini di daerahnya.

Baca: Sejak Kabut Asap Menyerang, Siswa Pandahan Keluhkan Batuk

Baca: NEWSVIDEO : Menghina Relawan Pemadam Kebakaran di Akun Sosmednya, Seorang Pemuda Diladukan ke Polisi

Baca: Hamili Anak Tiri yang Masih Berusia 15 Tahun, Abdul Halik Dilaporkan Istri Siri ke Polisi

"Kami telah menikmati sejumlah pembangunan yang dilakukan. Di antaranya nyamannya jalan atau akses menuju desa ini. Sehingga kami yang jadi masyarakat terpencil diharapkan bisa lebih berkembang," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, selain peresmian bangunan tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor juga dinobatkan sebagai warga kehormatan Dayak Pitap.

Secara simbolis, Paman Birin menerima mandau dan butah yang digunakan oleh warga setempat dalam keseharian ke hutan. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved