Berita Kabupaten Banjar

ULM Kembangkan Bedak Dingin Era Zaman Now jadi Lebih Modern

Pupur dingin atau bedak dingin merupakan kosmetik tradisional yang meskipun mulai sudah jarang digunakan oleh wanita zaman sekarang namun tidak dapat

ULM Kembangkan Bedak Dingin Era Zaman Now jadi Lebih Modern
Foto ULM
ULM di Unit usaha Pupur dingin Jalan Pangeran Abdurrahman Pasayangan, Martapura mengembangkan bedak dingin lebih modern. Tampak mesin pengering modern 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pupur dingin atau bedak dingin merupakan kosmetik tradisional yang meskipun mulai sudah jarang digunakan oleh wanita zaman sekarang namun tidak dapat dilepaskan dengan budaya Banjar.

Bedak dingin tidak hanya digunakan untuk perawatan kulit tetapi juga digunakan dalam upacara adat pernikahan suku Banjar.

Sehingga keberadaanya masih sangat dibutuhkan dan tidak bisa tergantikan dengan produk perawatan atau skincare yang ramai beredar dipasaran.

Untuk itu ULM di Unit usaha pupur dingin Jalan Pangeran Abdurrahman Pasayangan, Martapura mengembangkan bedak dingin agar tidak lekang oleh produk skincare yang semakin menjamur.

Baca: Video Tarik-tarikan Syahrini & Perempuan Ini Rebutan Reino Barack, Incess Dilarang Peluk Suami

Baca: Rahasia Kulit Mulus Victoria Beckham karena Konsumsi Alpukat, Pakar Gizi Ingatkan ini

Baca: Kecurigaan Luna Maya pada Ariel NOAH & Pevita Pearce Terbukti? Eks Reino Barack Ngaku Punya Informan

Baca: Keanehan Pipi Barbie Kumalasari Jadi Perbincangan, Istri Galih Ginanjar Permak Lagi Wajahnya

Ketua program pengabdian masyarakat, Fadlilaturrahmah, M.Sc.,Apt. mengatakan bedak dingin merupakan warisan turun temurun diolah agar tetap dapat bertahan di era pasar bebas sekarang.

"Hal yang terpenting adalah kemasan dari bedak dingin yang biasa dibungkus hanya dalam plastik biasa sekarang dikemas dalam bungkus yang lebih menarik sehingga pangsa pasarnya tidak hanya dari orang tua tetapi juga menarik kawula muda untuk mengunakan bedak dingin sebagai perawatan kulit mereka," kata dia.

Dikatakannya, Program pengabdian ini juga akan membantu pemasaran bedak dingin menggunakan media sosial seperti instagram yang merupakan media yang sangat efektif untuk pemasaran pada masa sekarang ini.

"Dengan adanya pemasaran menggunakan instagram diharapakan pangsa pasar bedak dingin menjadi lebih luas lagi dan dikenal oleh anak muda zaman now," kata dia.

Tidak hanya itu, ada juga pemberian mesin pengering.

"Bisa digunakan untuk mengeringkan pupur dinginnya, berdasarkan keterangan pengrajin, kalo hujan biasanya gak bisa produksi karena pengeringannya hanya mengandalkan sinar matahari. Dengan adanya mesin itu jadi lebih modern," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved