Eksploitasi Loksado

Air Terjun Haratai Loksado, Kabupaten HSS, Lebih Cantik Dikunjungi Pada Musim Hujan

Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kandangan, kota Kabupaten, dan sekitar delapan kilometer dari kota kecamatan Loksado.

Air Terjun Haratai Loksado, Kabupaten HSS, Lebih Cantik Dikunjungi Pada Musim Hujan
Pariwisata HSS untuk Banjarmasin Post.
Air terjun Haratai, salah satu air terjun di kawasan objek wisata alam Loksado, Hulu Sungai Selatan. FOTO : DInas Pemuda Olahraga dan 

BANJARAMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Jika menyukai wisata alam dengan gemuruh suara air dan sejuknya udara, jangan lewatkan wisata air terjun Haratai ini, Masih di kawasan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,  air terjun Haratai berada di Desa Haratai.

Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kandangan, kota Kabupaten, dan sekitar delapan kilometer dari kota kecamatan Loksado.

Ketinggian air terjun, sekitar 13 meter, dengan debit air cukup besar dan arusnya deras, sekalipun kemarau seperti sekarang. Hal itu  menyulitkan pengujung sulit berenang di sekitar air terjun.

Di bawah air terjun terdapat telaga yang spot untuk mandi atau berendam di air yang jernih dan sejuk. Biasanya disediakan ban untuk pengujung yang tak bisa berenang.

JIka musim hujan, debit air jauh lebih besar,arusnya pun makin kuat sehingga air terjun terlihat lebih  cantik. Percikan airnya yang kuat pun dapat dirasakan pengunjung yang datang saat musim hujan, sehingga seperti berada di ruang ber-Ac yang sejuk.

Baca: Bukit Palawan Halinjuangan, Melihat View Pegunungan Meratus dari Rakit Bambu

Baca: Bukit Langara, Menantang Bebatuan Runcing Nan Tajam demi Pemandangan Asri Pepohonan dan Udara Segar

Turis asing menyukai berenang di sekitar air terjun Haratai ambil menikmati suasana alami Pegunungan Meratus. Beberapa tahun terakhir perbaikan dan penambahan fasiltas terus dilakukan Pemkab HSS.

Di sekitar lokasi tersedia jembatan penghubung terbuat dari lanting paring, yang memudahkan pengunjung mendekati air terhun. Tersedia pula toilet, kamar mandi, gazebo dan warung.

Pemandangan air terjun Haratai di Loksado, HSS, membuat takjub rombongan Finlandia dan Estonia.
Pemandangan air terjun Haratai di Loksado, HSS, membuat takjub rombongan Finlandia dan Estonia. (HO/Humas Pemprov Kalsel)

 Bagi yang suka tantangan, bisa melanjutkan trekking menuju objek wisata lainnya melewati hutan, menuju Goa Ranuan.  Penduduk setempat dengan senang  hati mencarikan pemandu ke sana. 

Bagaimana akses jalan ke Haratai? Medannya cukup ekstrem, dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. JIka tak bawa motor, tersedia jasa ojek, dengan taraif Rp 80 ribu pulang bergi.

Lokasi parkir sepeda motor sekitar 100 meter darai air terjun. Menuju air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jembatan gantung hingga mencapai loket. Di loket, cukup membayar retribusi Rp 5.000 per orang. Selanjutnya, bisa berpuas-puas menikmati keindahan sekitarnya. (banjaramasinpost.co.id/hanani )

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved