Berita Banjarbaru

LPPI dan Bank Kalsel Syariah Kunjungi Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, Hal Ini yang Dilakukan

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) melakukan kunjungan kepada Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR

LPPI dan Bank Kalsel Syariah Kunjungi Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, Hal Ini yang Dilakukan
banjarmasinpost.co.id/mariana
Kunjungan LPPI dan Bank Kalsel Syariah dalam rangka penelitian opsi perubahan Bank Kalsel Syariah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) melakukan kunjungan kepada Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR, Selasa (17/9/2019).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meminta opini dari Gusti Rusdi Effendi sebagai tokoh masyarakat Kalsel terkait opsi perubahan Bank Kalsel Syariah.

Division Head Pelatihan dan Konsultasi Keuangan Syariah LPPI, Dr Helda Rahmi Sina menuturkan, berkaitan Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah Pasal 69 ayat 1 mengharuskan Bank Umum Konvensional yang memiliki Unit Usaha Syariah (UUS) dengan nilai aset telah mencapai 50 persen dari total nilai aset bank induknya harus dilakukan pemisahan terhadap bank induk.

"Atau paling lambat 16 Juli 2023 untuk melakukan pemisahan UUS menjadi Bank Umum Syariah. Bank Kalsel bekerjasama dengan kami dalam hal kajian pengembangan bisnis syariah. Ada tiga opsi yakni spin-off atau berdiri sendiri sebagai Bank Kalsel Syariah, lalu konversi yang mana menjadi bank induk konvensional menjadi Bank Kalsel Syariah seperti yang sudah diterapkan BPD Aceh dan NTB, serta opsi ketiga seluruh UUS melebur jadi satu bank syariah besar se Kalimantan atau se Indonesia," jelas Helda Rahmi kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Hasil Akhir Martapura FC vs Bogor FC Sulut United Liga 2 2019, Skor Akhir 1-0, Bowo Jadi Pahlawan

Baca: Tak Pernah Diajak Pambakal Kunker, Begini Curhatan Kalangan BPD di Banjar

Baca: Dikira Rumah Terbakar, BPK Dapati Kebakaran di Bunyamin Residence Ternyata Hanya Lahan

Baca: Kekesalan Barbie Kumalasari Hingga Kisah Eks Pembantu Marshanda Kabur ke USA & Nikahi Galih Ginanjar

Proyek kerjasama ini direncanakan berjalan selama tiga bulan dimulai dari pertengahan September hingga Desember 2019.

Dalam kesempatan itu, Helda Rahmi meminta tanggapan Gusti Rusdi Effendi dari tiga opsi tersebut mana yang lebih baik buat Bank Kalsel Syariah.

"Perkembangan bank syariah di Banua memang sangat bagus, karena di Kalsel ini masyarakatnya mayoritas muslim dan nilai-nilai religius sudah tertanam kuat sejak dulu. Agar tetap menonjol nama Kalsel di Bank Kalselnya sendiri menurut saya opsi spin-off tampaknya sangat pas, berdiri sendiri atau lepas dari induk dan saya optimis Bank Kalsel Syariah bisa maju seperti bank konvensionalnya." terang Gusti Rusdi.

Apabila digabung dengan UUS lainnya se Kalimantan bahkan Indonesia, nama Kalsel akan dihilangkan, hal ini akan mengurangi rasa kebanggaan terhadap perbankan syariah banua.

Untuk opsi Konversi, ditambahkannya juga kurang cocok sebab meskipun Kalsel mayoritas muslim, namun terdapat keberagaman ras, suku, dan agama yang patut dilestarikan sehingga apabila bank konvensional dikonversi seluruhnya menjadi bank syariah maka dikhawatirkan akan membuat pemeluk agama lain keberatan.

Baca: Tumbuh di Pegunungan Meratus, Ibu-ibu di HSS Diajak Bikin Bubur Sop Ikur Ikur Pencegah Stunting

Baca: Ini 8 Khasiat Menakjubkan Buah Sirsak untuk Kesehatan, Cegah Osteoporosis hingga Kanker

Baca: Ban Mobil Tiba-tiba Pecah Tak Boleh Panik, Jangan Injak Rem, Lebih Baik Injak Gas, Ini Tips Praktisi

Selain tokoh masyarakat, tim LPPI juga melakukan penelitian menggunakan kuesioner baik secara online ataupun tatap muka kepada sampel karyawan Bank Kalsel, nasabah dan non nasabah Bank Kalsel yang telah ditentukan di kabupaten/kota di Kalsel.

"Selain itu aspirasi para stakeholder yang meliputi Gubernur, dua Walikota, 11 bupati, para ketua DPRD dan Ketua Komisi 2 DPRD tingkat 1 dan 2 yang membidangi perekonomian. Selain itu, ada pula para tokoh pemuka agama, dan tokoh pemuka adat," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved