Wawancara Eksklusif

Wawancara Eksklusif Kepala Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin: Novel Dilan Pun Kami Sediakan

KETIKA mendengar kata perpustakaan, di benak kita langsung terbayang sederetan buku yang tersusun rapi di rak sebuah ruangan.

Wawancara Eksklusif Kepala Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin: Novel Dilan Pun Kami Sediakan
banjarmasinpost group/edi nugroho
Laila Rahmawati, S.Ag, S.S., M.Hum, Kepala Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin 

Wawancara Ekslusif: Laila Rahmawati, S.Ag, S.S., M.Hum
Kepala Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID - KETIKA mendengar kata perpustakaan, di benak kita langsung terbayang sederetan buku yang tersusun rapi di rak sebuah ruangan. Bagaimanakah nasibnya pada saat banyak orang mencari bahan bacaan dan informasi melalui internet?

Berikut wawancara BPost dengan Kepala Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Laila Rahmawati SAg SS Mhum, terkait Hari Kunjungan Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September.

Bagaimana mahasiwa mengenal keberadaan perpustakaan ini?
Mahasiswa perlu mengerti dulu apa sih yang dimiliki sebuah perpustakaan itu, apa koleksinya, terus apa fasilitas yang bisa mereka dapatkan di perpustakaan.

Alhamdulillah, semua itu sudah kami kenalkan ke mahasiswa dalam user educatacions and library tour. Dalam event ini, mahasiswa diberi tahu, perpustkaaan itu ada berapa lantai, lalu dijelaskan ruangan membaca terbuka dan ruangan membaca tertutup ber-AC.

Bagaimana bisa mencari buku?
Di perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, mahasiswa akan dipandu mencari koleksi buku. Itu yang paling penting. Alhamdulillah, perpustakaan UIN Antasari itu sudah punya kalatog online sehingga mahasiswa mencek ada tidaknya keberadaan buku di perpustakaan.

Dari hape di rumah pun, mahasiswa akan mengetahui jika bukunya itu ada. Kalau buku ada di perpustakaan, maka ada keterangannya. Jika buku sedang dipinjam, maka juga ada keterangannya dan kapan jatuh temponya dikembalikan..

Berapa tingkat kunjungan perpustakaan ini?
Seperti yang dilihat, setiap hari perpustakaaan UIN Antasari Banjarmasin banyak sekali mahasiwa yang berkunjung. Kadang mau lewat saja susah karena begitu banyaknya mahasiswa yang datang. Mulai pukul 08.30 Wita, ruang perpustakaan sudah padat mahasiswa dan layanan perpustakaan akan ditutup pukul 17.30 Wita.

Dalam sehari diperkirakan ada sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai fakultas yang datang ke perpustakaan. Bahkan, orang luar pun bisa berkunjung ke Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Namun tidak boleh pinjam buku dan diberi kesempatan untuk fotokopi. Untuk layanan fotokopi disediakan di lantai II.

Buku apa saja yang disediakan?
Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin memberikan layanan buku untuk semua jurusan. Untuk buku agama Islam sudah dipilah tempatnya agar memudahkan pencarian. Buku-buku Islam itu meliputi Islam secara umum, ilmu tafsir, hadis, teologi, fikih, tasawuf, sejarah Islam, sejarah sahabat nabi hingga sejarah rasulullah.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved