Berita Banjarmasin

Pertemuan Konjen Jepang dan Perhimpunan Alumni dari Jepang Kalsel Bertemu, Tercetus Kerja Sama ini

Saat ini, semakin banyak warga Kalimantan Selatan yang merupakan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Jepang baik S2 maupun S3.

Pertemuan Konjen Jepang dan Perhimpunan Alumni dari Jepang Kalsel Bertemu, Tercetus Kerja Sama ini
istimewa
pertemuan antara pihak PERSADA (Perhimpunan Alumni dari Jepang) Kalimantan Selatan dan pihak Konsulat Jenderal Jepang Surabaya di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang menjadi tujuan wisata, bekerja dan juga sekolah sebagian besar warga negara Indonesia, termasuk warga Banua.

Saat ini, semakin banyak warga Kalimantan Selatan yang merupakan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Jepang baik S2 maupun S3.

Beberapa orang pernah magang atau bahkan bekerja di Jepang.

Untuk mempererat dan meningkatkan jejaring serta kerja sama alumni Jepang dengan pemerintah Jepang, dilakukan pertemuan antara pihak PERSADA (Perhimpunan Alumni dari Jepang) Kalimantan Selatan dan pihak Konsulat Jenderal Jepang Surabaya di Banjarmasin.

Pada pertemuan silaturrahmi tersebut, pihak Konsulat Jenderal Jepang diwakili oleh Wakil Konsulat Yuko Sunohara dan Asisten konsulat Muchamad Zinuri sedangkan pihak PERSADA Kalsel yang hadir cukup banyak, antara lain Ketua PERSADA Kalsel Dr. Akhmad Rizali (Mantan Wakil Bupati Kotabaru 2000-2005 dan Dosen Fakultas Pertanian ULM, alumni Universitas Hokaido, Jepang), Sekretaris Persada Kalsel Sunardi, S.Si., M.Sc., Ph.D (Dosen FMIPA ULM, alumni TUAT Jepang) dan beberapa alumni Jepang lainnya dari ULM dan Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Kalimantan Selatan.

Baca: Viral Video Wanita Gendong Mayat Bayi Sambil Jalan Kaki Ditolong Polisi, Begini Fakta Sebenrnya

Baca: Cibiran Fairuz A Rafiq pada Pembohong demi Ketenaran, Istri Sonny Septian Sindir Barbie Kumalasari?

Baca: Fitur Andalan dari Kamera hingga Speaker, Oppo A9 2020 Resmi Masuk Indonesia dengan Harga Segini

Baca: Kontes Kentut Pertama di India Berhadiah Uang, Dicari Suara Kentut Terpanjang dan Termerdu

Pada pertemuan tersebut disepakati untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam berbagai bidang antara lain sosialisasi sekolah dan beasiswa di Jepang, penyelenggaraan acara bersama antara pihak konsulat Jepang dan PERSADA dalam rangka memperkenalkan budaya dan wisata Jepang, serta berbagai bentuk kerja sama lainnya.

Pihak konsulat Jepang berharap, pertemuan pertama tersebut bisa menjadi awal momen untuk terjalinnya kerja sama yang lebih erat.

Di waktu yang akan datang diharapkan PERSADA Kalsel bisa menjadi fasilitator beberapa kegiatan pemerintah Jepang khususnya di Kalimantan Selatan.

Ketua PERSADA Kalsel Dr. Akhmad Rizali mengungkapkan bahwa saat ini sebenarnya banyak alumni Jepang yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, namun belum semua bergabung di PERSADA.

Pihak PERSADA juga siap membantu dan bekerja sama dengan pihak konsulat Jepang dalam banyak hal, terutama dalam rangka mengembangkan pendidikan dan penelitian.

Acara pertemuan dilanjutkan dengan makan malam bersama dan ramah tamah serta perkenalan yang berlangsung santai dan akrab.

Masing-masing anggota dan pengurus PERSADA Kalsel menceritakan pengalamannya selama tinggal di negeri Jepang, terutama hal-hal yang baik yang sangat berkesan sebagai oleh-oleh ketika kembali ke Indonesia, seperti kedisiplinan, kejujuran, dan penghargaan terhadap waktu.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved