Ekonomi dan Bisnis

Produk Investasi Emas di Kalsel Kian Beragam, Mulai dari Tabungan Emas Hingga Cicilan Logam Mulia

Sebagai salah satu aset safe haven, emas menjadi instrumen investasi primadona dari masa ke masa. Kini produk investasi emas

Produk Investasi Emas di Kalsel Kian Beragam, Mulai dari Tabungan Emas Hingga Cicilan Logam Mulia
Banjarmasinpost.co.id/Mariana
Aktivitas transaksi investasi emas di Pegadaian Galery 24 Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebagai salah satu aset safe haven, emas menjadi instrumen investasi primadona dari masa ke masa. Kini produk investasi emas pun tidak sekadar membeli emas perhiasan atau batangan saja, masyarakat bisa memilih produk investasi emas yang semakin beragam.

Pilihan berinvestasi emas lainnya yakni tabungan emas yang cukup unik dan hits saat ini. Produk tabungan emas saat ini ada di seluruh kantor cabang Pegadaian baik konvensional maupun syariah di seluruh Indonesia termasuk Banjarmasin.

Vice President PT Pegadaian area Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) Ade Harsono menjelaskan, senilai Rp 150.000 masyarakat sudah bisa menjadi nasabah pegadaian untuk produk tabungan emas.

"Nasabah bisa melalukan setoran dalam bentuk uang kemudian saldonya langsung dikonversikan dalam bentuk pecahan emas," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Anak Sekolah Banyak yang Sesar Nafas, Pencemaran Udara di HST Belum Diukur, Terkendala Anggaran?

Baca: Info Persiapan Seleksi CPNS 2019, Rincian Gaji ASN dan Link Pendaftaran Via Link sscasn.bkn.go.id

Baca: 4 Bocah SIT Al Khair Sesak Nafas & Kejang-kejang Terhirup Kabut Asap, Sekolah Dipulangkan Lebih Awal

Ade menambahkan, keuntungan menabung emas meskipun tidak ada suku bunga namun saldo yang terkumpul mengikuti nilai emas. Tren harga emas yang selalu naik menjadi keunggulan instrumen ini untuk terhindar dari inflasi.

Saldo dari tabungan emas dapat ditarik tunai, digadaikan, dan dicetak dalam bentuk pecahan emas. Proses cetak harus minimal 5 gram disertai biaya cetak Rp 85.000 per gram. Keuntungan lainnya saldo nasabah yang sudah mencapai 3,5 gram bisa didaftarkan porsi haji dalam program Arrum Haji.

Produk investasi emas lainnya di Pegadaian, nasabah bisa beli logam mulia secara cicil. Prosedurnya nasabah menyertakan KTP dan membayar DP sebesar 10-20 persen dari harga emas. Setelah itu, sisanya diangsur mulai dari 3-36 bulan flat hingga lunas.

"Meskipun pas waktu beli misalnya harga emas Rp 800.000 per gram, kemudian naik menjadi Rp 850.000 per gram, angsuran maupun sisa pelunasan tetap pola di harga awal saat transaksi," paparnya.

Pecahan yang tersedia mulai 0,5 gram hingga 1 kg. Sejauh ini pecahan yang menjadi favorit nasabah yakni 5 gram, 10 gram, dan 25 gram.

Selama September 2019, realisasi produk investasi emas di Pegadaian area Kalimantan mengalami tren positif. Dari target jumlah nasabah sebesar 75.000 rekening, produk tabungan emas sudah membukukan jumlah rekening 80 persen. Sedangkan produk cicil logam mulia sudah terealisasi 60 persen dari target 48 kg selama 2019.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved