Serambi Mekkah

Demplot Padi Unggul di Sungairangas Banjar Panen Berlimpah Berkat Teknologi Ini

Hasil panenannya cukup berlimpah. Acara syukuran panen demplot padi tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Rabu (18/09/2019).

Demplot Padi Unggul di Sungairangas Banjar Panen Berlimpah Berkat Teknologi Ini
HO/Diskominfo Banjar
Sekda Banjar HM Hilman (tengah) semringah melakukan panen padi unggul percontohan (demplot) di lahan BPP Martapura Barat, Rabu (18/9/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kesuksesan penanaman padi unggul Varietaa Ciherang di lahan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martaoura Barat di Desa Sungai Rangaa Hambuku tak lepas dari kerja keras Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar dan PPL setempat.

Hasil panenannya cukup berlimpah. Acara syukuran panen demplot padi tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Rabu (18/09/2019) siang.

Kepala Dinas TPH HM Fachry mengatakan Kabupaten Banjar merupakan lumbung pangan dengan hasil pangan surplus. Selama ini selalu mengirim ketersediaan beras ke beberapa wilayah di Kalimantan Selatan bahkan nasional.

Dikatakannya, panen padi unggul Varietas Ciherang di lahan BPP Martapura Barat merupakan salah satu inovasi baru dalam pemupukan dan pembenah tanah konvesional yang telah sering diterapkan.

“Demplot ini hasil dari kerjasama kita dengan distributor produksi pupuk, BeKa dan Pomi yang merupakan teknologi baru pemupukan dan pembenahan tanah yang sudah diaplikasikan. Alhamdulillah, menghasilkan di lokasi percontohan ini berhasil mendapat produktivitas gabah kering 15 blek per borong,” sebutnya.

Fachry mengatakan hasil panenan di demplot tersebut meningkat sekitar 20-25 persen dibanding penanaman serupa di lahan yang tidak menggunakan teknologi pemupukan dan pembenahan tanah tersebut.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan diskusi tanya jawab dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian yang diberikan secara simbolis oleh Sekda kepada perwakilan kelompok tani. (*/AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved