Bumi Bersujud

DJPK Mendaulat Sekda Tanahbumbu Rooswandi Wakili 16 Kabupaten/Kota di Indonesia Terapkan Program IdS

Kepercayaan disandang kabupaten berjuluk Bumi Bersujud, ini sebagai pilot project terkait penerapan tata kelola keuangan yang baik oleh Kemenkeu.

DJPK Mendaulat Sekda Tanahbumbu Rooswandi Wakili 16 Kabupaten/Kota di Indonesia Terapkan Program IdS
HO/Diskominfo Tanahbumbu
Sekda Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem mewakili 16 kabupaten/kota di Indonesia sebagai kabupaten proyek percontohan program IdS DJPK Kementerian Keuangan RI. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Prestasi kembali ditorehkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahbumbu mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat. Dari 16 kabupaten/kota di Indonesia, Tanahbumbu dijadikan proyek percontohan (Pilot Project).

Kepercayaan disandang kabupaten berjuluk Bumi Bersujud, ini sebagai pilot project terkait penerapan tata kelola keuangan yang baik oleh Kementerian Keuangan melalui Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK).

Dalam acara penanda tanganan kesepakatan program Internship dan Secondment (IdS) bagi Pemerintah Daerah dengan Kementerian Keuangan melalui DJPK. Berlangsung di Aula Nagara Dana Rakca, Gedung Radius Prawito Lantai 1, Kementerian Keuangan, Selasa (17/9/2019) lalu.

Disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui Sekjek DJPK, Rujiko, penerapan tata kelola keuangan daerah yang baik dapat terimplementasikan melalui peningkatan kualitas SDM pengelola keuangan.

Maka dari itu, adanya program IdS, salah-satu program unggulan dari Kementerian Keuangan. Sebagai pendorong Pemerintah Daerah melakukan tata kelola keuangan daerah yang baik. Sekaligus bisa menjadi langkah strategis upaya peningkatan kualitas keuangan daerah.

Paling menarik, dalam acara itu, DJPK mendaulat Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem mewakili para Sekda dari 16 kabupaten/kota di Indonesia terpilih yang menerapkan IdS.

Memberikan sambutan serta apresiasi kepada DJPK Kementerian Keuangan, mendorong dan membina Pemerintah Daerah secara khusus. Dengan harapan tata kelola keuangan 16 kabupaten/kota dijadikan pilot project semakin membaik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem mengatakan, tujuan utama program IdS, upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Dimulai dari perbaikan regulasi sistem dan prosedur, termasuk informasi serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola keuangan daerah.

Tidak hanya itu, tambah Rooswandi, melalui program IdS, pejabat pemerintah daerah juga dibekali pengetahuan mengenai materi substantif yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja pengelolaan keuangan daerah. Salah-satunya melalui peningkatan SDM pengelolaan keuangan daerah.

"Pemerintah Daerah juga diberi pembelajaran tematik contoh daerah yang dalam hal penyusunan, penetapan dan penerapan rencana aksi sebagai solusi atas tematik permasalahan daerah di pandang lebih dulu berjalan dengan baik," kata Rooswandi.

Pihak Kementerian Keuangan juga mengirimkan mentor dari DJPK Kementerian Keuangan yang memiliki keahlian di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Mereka akan mendampingi, mengasistensi serta memonitor pelaksanaan rencana aksi sebagai implementasi utama program IdS.

Oleh karenanya di kesempatan itu, tidak lupa Rooswandi menyampaikan ucapan terima kasih Kementerian Keuangan. Karena mana sudah memberikan perhatian begitu besar kepada daerah, terlebih Kabupaten Tanahbumbu upaya peningkatan kualitas tata kelola keuangan.

Sembari menyampaikan, mewakili 16 kabupaten/kota di Indonesia. Dalam kesiapannya untuk dijadikan daerah percontohan. (Aol/*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved