KalselPedia

KalselPedia - Komunitas Dance Borneo Ajak Generasi Milenial Melestarikan Tarian Kalimantan

Komunitas Dance Borneo adalah sebuah komunitas pegiat seni tari kreasi khususnya lagi berupa tarian Dayak yang dibentuk oleh sekelompok mahasiswa

KalselPedia - Komunitas Dance Borneo Ajak Generasi Milenial Melestarikan Tarian Kalimantan
Istimewa
Komunitas Dance Borneo Ajak Generasi Milenial Melestarikan Tarian Kalimantan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komunitas Dance Borneo adalah sebuah komunitas pegiat seni tari kreasi khususnya lagi berupa tarian Dayak yang dibentuk oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat.

Terbentuknya komunitas ini dimulai dengan kesamaan hobi dan minat dengan tarian Kalimantan, kemudian mereka pun membentuk komunitas untuk menyalurkan bakat serta hobinya di dunia tari.

Selain itu komunitas ini bertujuan untuk mengajak generasi milenial agar ikut berperan serta dalam melestarikan seni budaya daerah, khususnya berupa tari-tarian.

Komunitas Dance Borneo ini total anggotanya sejak angkatan pertama berjumlah sekitar 11 orang, dan saat ini sudah memasuki generasi kedua yang anggotanya terdiri atas enam orang.

Baca: Kalselpedia: Objek Wisata Susur Sungai di Banjarmasin

Baca: KalselPedia: Profil Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan

Baca: KalselPedia - Inilah Nama-nama Kecamatan di Kotabaru yang terpisah dari Pulau Kalimantan

Dan untuk generasi kedua yang terdiri atas enam orang yang ada di dalam komunitas ini, ada yang berasal dari Kalmantan Tengah dan juga Kalimantan Timur. Dan anggotanya didominasi oleh kaum hawa.

Saat tampil membawakan tarian Dayak, Komunitas Dance Borneo pun kerap melakukan atraksi mulai dari menggigit mandau hingga bermain api. Tak heran karenanya penari di komunitas ini sudah piawai melakukan atraksi-atraksi tersebut.

Aktivitas rutin komunitas ini adalah melakukan latihan tari, meskipun tidak ada penjadwalan secara khusus karena menyesuaikan dengan agenda tampil.

Apabila akan tampil pada sebuah event, termasuk juga mengikuti lomba atau festival tari maka dibuat jadwal latihan secara khusus. Dan latihan dilaksanakan bisa di lingkungan Taman Budaya Kalsel maupun juga di lingkungan kampus ULM Banjarmasin.

Namun jika sedang tidak ada kegiatan, biasanya anggota Komunitas Dance Borneo ini berkumpul untuk menyusun penggarapan konsep tarian.

Selain itu, apabila ada waktu luang anggota komunitas ini berkumpul di sekretariatnya di Jalan Kayutangi I Jalur 1 untuk membuat aksesoris maupun pernak pernik untuk kostum. Apalagi komunitas ini sudah memiliki kostum dan aksesoris sendiri. (banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved