Serambi Mekkah

Meski Kemarau tapi di Kabupaten Banjar Sukses Panen Komoditas Padi Unggul Ini

Kegiatan diawali dengan pemanenan oleh Sekda didampingi Kepala Dinas TPH HM Fachry dan anggota kelompok tani di Sungai Rangas Hambuku.

Meski Kemarau tapi di Kabupaten Banjar Sukses Panen Komoditas Padi Unggul Ini
HO/Diskominfo Banjar
Sekda Banjar HM Hilman (tengah) semringah melakukan panen padi unggul percontohan (demplot) di lahan BPP Martapura Barat, Rabu (18/9/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Demplot atau demontration plot tanaman padi unggul Varietas Ciherang yang ditanam di lahan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martapura Barat di Desa Sungai Rangas Hambuku sukses.

Tanaman tumbuh subur dan panenannya memuaskan. Demplot yang dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar bekerjasama dengan produsen pupuk tersebut menerapkan pola tanam Jarwo 4:1

Syukuran panen demplot padi tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Rabu (18/09/2019) siang. Hadir pula Kepala Dinas TPH Banjar HM Fachry, perwakilan Kodim 1006 Martapura dan Polres Banjar serta undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan pemanenan oleh Sekda didampingi Kepala Dinas TPH HM Fachry dan anggota kelompok tani di Sungai Rangas Hambuku.

Sekda mengungkapkan rasa syukur dan bangga karena pada musim kemarau yang panjang saat ini, masih ada tanaman padi yang dipanen. Apalagi yang ditanam adalah padi unggul.

“Walaupun kita merasakan musim kemarau yang panjang, dengan suhu udara yang panas, tapi dengan kerja keras alhamdulillah panen demplot padi Varietas Ciherang di lahan percontohan BPP Martapura Barat ini dapat dilaksanakan secara sukses,” ucap Sekda.

Ia mengatakan melalui panen demplot tersebut dapat mendemokan varietas baru atau penggunaan teknologi baru. Kegiatan seperti itu diharapkan dilaksanakan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Dengan panen ini kita dapat menyampaikan kepada petani melihat langsung bukti hasil dari yang kita demonstrasikan. Untuk itu, saya minta laksanakan secara terus menerus kegiatan demplot ini. Saya minta programkan demplot untuk Varietas Unggul Baru (VUB) yang bersertifikat,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait musim kemarau panjang disertai kebakaran hutan/lahan yang menyebabkan kabut asap, para petani diminta menjaga lahan. Tak kalah penting, tidak membakar lahan untuk kepentingan membuka lahan.

Hilman juga menyampaikan pentingnya petani untuk terus meningkatkan kemampuan. Selalu berinovasi dan mengembangkan sistem budidaya serta agribisnis.

“Jangan sampai warga tani kita hanya menanam dan memproduksi, tapi tidak tahu dipasarkan kemana bila telah memasuki musim panen. Manfaatkan pasar online agar hasil panen tidak hanya di pasar tradisional dan modern,” cetus Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas TPH HM Fachry mengatakan Kabupaten Banjar merupakan lumbung pangan dengan hasil pangan surplus. Selama ini selalu mengirim ketersediaan beras ke beberapa wilayah di Kalimantan Selatan bahkan nasional.

Dikatakannya, panen padi unggul Varietas Ciherang di lahan BPP Martapura Barat merupakan salah satu inovasi baru dalam pemupukan dan pembenah tanah konvesional yang telah sering diterapkan. (*/AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved