Berita Tapin

27 Desa di Kabupaten Tapin Bakal Gelar Pemilihan Kepala Desa

Sebanyak 27 Desa di 11 wilayah Kecamatan se Kabupaten Tapin akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak, sekitar awal Februari 2020 nanti.

27 Desa di Kabupaten Tapin Bakal Gelar Pemilihan Kepala Desa
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Tiga pekerja sedang membuat kubah di depan Kantor Desa Bungur Kecamatan Bungur, belum lama ini. Gelontoran Dana Desa membuat pembangunan fisik di Desa meningkat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sebanyak 27 Desa di 11 wilayah Kecamatan se Kabupaten Tapin akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak, sekitar awal Februari 2020 nanti.

Jadwal Pilkades serentak itu dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Tapin, Fadlianor, Jumat (20/9/2019).

Menurut Fadlianor, sejumlah Pemerintahan Desa, sudah ditunjuk pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa.

Tugas Pjs Kepala Deaa dari aparatur sipil negara di Kantor Kecamatan untuk menyiapkan dan menyukseskan pemilihan kepala desa secara langsung umum bebas dan razia serta jujur dan adil

Kepala desa dipilih langsung melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oleh penduduk desa setempat.

Usia minimal Kepala Desa adalah 25 tahun, dan ia harus berpendidikan paling rendah SLTP, dan termasuk penduduk desa setempat.

Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa dilakukan oleh Panitia Pemilihan, yang dibentuk oleh BPD, dan anggotanya terdiri dari unsur perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan, dan tokoh masyarakat.

Kepala desa atau sebutan lain sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Baca: 3 ABG Terlibat Pembunuhan Erwin di Lubuklinggau, Ternyata Buntut Cinta Segitiga, Ini Peran Pacar

Baca: Wanti-wanti Ustadz Abdul Somad pada Ammar Zoni, Suami Irish Bella Curhat Soal Narkoba ke UAS

Baca: Kondisi Anggun Pasca Terjerembab Saat Kursi Ditarik Teman Sekelas, Ini 10 Bahaya Cedera Tulang Ekor

Baca: Kisah Luar Biasa Kodi Lee, Pemenang Americas Got Talent 14 (2019), Penyandang Autisme & Tuna Netra

Masa jabatan kepala desa adalah enam tahun, dan dapat diperpanjang lagi untuk tiga)kali masa jabatan berikutnya berturut-turut atau tidak.

Kepala Desa tidak bertanggung jawab kepada Camat, tetapi hanya dikoordinasikan saja oleh Camat.

Halaman
123
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved