Berita Kabupaten Banjar

Tangani Air Irigasi Waduk Riam Kanan, Tahun Ini Kabupaten Banjar Dibangun Fasilitas Ini

Melalui Komisi Irigasi Kabupaten Banjar maupun Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), persoalan tata kelola air irigasi bersumber dari waduk Riam Kanan

Tangani Air Irigasi Waduk Riam Kanan, Tahun Ini Kabupaten Banjar Dibangun Fasilitas Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
HM Hilman ST MT, plt Kadis PUPR Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Melalui Komisi Irigasi Kabupaten Banjar maupun Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), persoalan tata kelola air irigasi bersumber dari waduk Riam Kanan telah dibahas sejak 2018 lalu.

"Bahkan telah ada kesepakatan-kesepakatan untuk menata ulang pemanfaatan, pemeliharaan dan pengembangan saluran irigasi Riam Kanan itu," ucap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar HM Hilman, Junat (20/09/2019).

Kesepakatan tersebut antara lain menginventarisasi lahan yang dimanfaatkan oleh petani ikan dan pengusaha perikanan yang beraktivitas di sepanjang saluran irigasi Riam Kanan.

Lalu, papar Hilman, dilakukan moratorium berupa tidak adanya pemberian izin kepada petani atau pengusaha yang ingin memanfaatkan air dari saluran irigasi Rian Kanan.

Baca: Status Siaga Darurat Karhutla Kalteng Naik Jadi Tanggap Bencana, Penindakan Makin Gencar Dilakukan

Baca: Kapolda Kalteng Soroti Polisi Tewas Setelah Tabrak Pembatas Jalan saat Kunker ke Polres Kotim

Baca: Pasang CCTV di Bantaran Sungai di Wilayah Kota Banjarmasin, Ini Tujuannya

Petani dan pengusaha yang ingin memanfaatkan air dari saluran irigasi Riam Kanan harus mengurus izin pemanfaatan air saluran irigasi Riam Kanan ke Kementerian PU melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan II. Ini khusus bagi mereka yang telah menjalankan usaha atau kegiatannya melalui fasilitasi Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

Waduk Riam kanan surut areal kosong jadi lahan parkir muat puluhan mobil.
Waduk Riam kanan surut areal kosong jadi lahan parkir muat puluhan mobil. (Banjarmasinpost.co.id/Nia kurniawan)

Tahun ini dibangun bangunan bagi sadap oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan II untuk pemanfaatan air saluran irigasi Riam Kanan yang akan disalurkan ke kolam-kolam atau lahan perikanan. Pengaturannya sesuai neraca air melalui kesepakatan pada sidang Komisi Irigasi.

"Regulasi terkait Tata Ruang untuk zonasi kawasan perikanan dan persawahan di sepanjang saluran irigasi Riam Kanan yang berada di wilayah Kabupaten Banjar akan disiapkan pada RDTR Martapura," jelas Hilman.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved