Bumi Tuntung Pandang

Dikukuhkan Bunda Paud Kalsel, Hj Nurul Hikmah Sukamta Resmi Jadi Bunda PAUD Tanahlaut

Ketua Tim Penggerak PKK Tanahlaut (Tala) Hj Nurul Hikmah Sukamta dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tala

Dikukuhkan Bunda Paud Kalsel, Hj Nurul Hikmah Sukamta Resmi Jadi Bunda PAUD Tanahlaut
Humpro Pemkab Tanahlaut
Hj Nurul Hikmah Sukamta dikukuhkan menjadi Bunda Paud Tala oleh Hj Raudhatul Jannah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Tanahlaut (Tala) Hj Nurul Hikmah Sukamta dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tala bersama dengan Bunda PAUD Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong dan Tanah Bumbu di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (21/9/2019).

Para Bunda PAUD tersebut dikukuhkan oleh Bunda PAUD Provinsi Kalsel Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor.

Pengukuhan Bunda Paut Tanahlaut dan Tapin ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) serta pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengukuhan forum anak Kalsel.

Adapun untuk pengurus forum anak daerah Kalsel periode 2018-2020 dikukuhkan oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel, Husnul Khatimah mengatakan kegiatan tersebut adalah sebagai momen penting bagi anak Indonesia khususnya di Provinsi Kalsel untuk merayakan keberadaan mereka sebagai generasi penerus bangsa yang bergembira, juga menjadi acuan bagi Bunda PAUD ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Kelurahan hingga Desa dalam melaksanakan tugas dan perannya sebagai Bunda PAUD di wilayah masing-masing.

Ia menambahkan bahwa penilaian penghargaan inovasi dan kreatifitas forum anak di 13 kab/kota yakni sebagai salah satu usaha dalam mengenalkan forum anak kepada masyarakat dan sebagai media informasi tentang pemenuhan hak anak serta sarana sosialisasi pemenuhan hak dan perlindungan anak kepada masyarakat.

"Peserta sebanyak 700 orang yang berasal dari instansi, skpd atau organisasi maupun lembaga terkait, juga anak - anak dan forum anak daerah," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan peringatan hari anak nasional merupakan wujud kepedulian semua pihak terhadap perlindungan anak agar mereka berkembang secara optimal.

Menurutnya, anak merupakan potensi dan penerus cita - cita bangsa, semakin baik kualitas anak maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa, semua pihak memiliki kewajiban untuk mewujudkan generasi yang berkualitas dengan memberikan pola pengasuhan yang memenuhi hak dan melindungi anak dari hal - hal yang buruk.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memahami peran, tugas dan kewajibannya dalam memenuhi hak dan melindungi anak - anak," ajaknya.

Terpisah, Bupati Tala H. Sukamta yang kali itu juga hadir dalam acara berharap kepada para anak - anak di Indonesia, khususnya anak - anak di Kabupaten Tala agar nantinya bisa berguna bagi bangsa dan negara.

Ia juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam pertumbuhan anak, sebab keluarga adalah madrasah pertama bagi anak - anak sehingga ketika ia dewasa nanti dapat menjadi orang yang bermanfaat.

"Peran orang tua itu sangat penting, untuk itu jaga dan didik anak - anak kita agar kelak bisa menjadi generasi yang membanggakan orang tuanya," ujarnya.

Sementara itu Hj Nurul Hikmah Sukamta sangat bersyukur dengan dikukuhkannya ia sebagai Bunda PAUD Tala.

Ia berjanji akan melaksanakan amanah tersebut dengan sebaik - baiknya, tentu dengan dukungan dari semua pihak dalam pemenuhan serta perlindungan terhadap hak-hak anak.(AOL/*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved