Berita Kalbar

Terhalang Kabut Asap, Wisatawan Gagal Saksikan Fenomena Kulminasi Matahari Pontianak

kulminasi matahari di bulan September 2019 ini terhalang oleh Kabut Asap yang menyelimuti wilayah Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak

Terhalang Kabut Asap, Wisatawan Gagal Saksikan Fenomena Kulminasi Matahari Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO/Kolase Suasana di tugu Khatulistiwa Pontianak pada moment Kulminasi Matahari, Sabtu (21/9/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PONTIANAK - Letak geografis Kota Pontianak yang berada di garis Khatulistiwa menjadikan daerah ini merasakan fenomena alam unik yang disebut dengan Kulminasi Matahari.

Kulimnasi Matahari merupakan sebuah fenomena yang hanya terjadi di titik 0° garis Khatulistiwa.

Kota Pontianak mengalami fenomena alam yang unik tersebut, dimana matahari tegak lurus di atas garis khatulistiwa, yang menyebabkan bayangan benda disekitaran Tugu Khatulistiwa menjadi tidak terlihat.

Namun sayang, kulminasi matahari di bulan September 2019 ini terhalang oleh Kabut Asap yang menyelimuti wilayah Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak dimana tugu Khatulistiwa gagah berdiri.

Baca: Mbak Cantik Berseragam PNS Pemeran Video Dalam Mobil Syok, Mengaku Tak Tahu Adegan Syurnya Direkam

Baca: Deskripsi Baru Komik Captain Marvel #13, Seorang Avengers Mati di Tangan Carol Denvers

Baca: Lagi Trend Kopi Mentol, Cocok untuk yang Baru Mencoba Minum Kopi

Baca: Melayani Sendiri Kaum Papa yang Makan di Restorannya, Keseharian Bon Jovi di Balik Gelar Rocker

Kulminasi di Kota Pontianak terjadi 2 kali setahun di bulan Maret dan September pada setiap tanggal 21 hingga 23 September.

Beberapa wisatawan lokal yang datang ke Kota Pontianak juga kecewa dengan kondisi tersebut.  Mereka kebetulan datang di Pontianak dan ingin menyaksikan fenomena tersebut.

"Sayang ternyata tidak bisa karena tertutup kabut asap,"ujar Suriani warga Banjarmasin.

Fenomena alam yang unik ini juga dimanfaatkan pemerintah Kota Pontianak dengan menggelar acara Pesona Kulminasi Matahari.

Pesona Kulminasi Matahari merupakan kegiatan rutin dalam setahun dilakukan dua kali dan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pontianak yang bertepatan dengan tanggal 21-23 Marer dan 21-23 September.

Baca: Tak Semua Jenis Makanan Aman Dipanaskan Kembali, ini Contohnya

Baca: Jadwal Live Streaming Timnas U-16 Indonesia vs China, Penentuan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16

Baca: Kabur dari Kejaran BNN, Mobil Sewaan Pengedar Narkoba Masuk Parit, Pelaku Tewas Tertembak di Kepala

Maret lalu, acara ini digelar tanggal 21-22 detik-detik tanpa bayangan terjadi 11.50 WIB dan 23 Maret terjadi 11.49 WIB.

Selama pelaksanaan Pesona Kulminasi Matahari ini, mereka mengisinya dengan berbagai kegiatan dan ditampilkan produk-produk kreatif termasuk penampilan kreatifitas yang melibatkan masyarakat serta komunitas.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Fenomena Kulminasi Matahari Pontianak Terhalang Kabut Asap
Penulis: Ferryanto

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved