Berita HSS

Miliki Jurusan Busana Butik & Usaha Konveksi, SMKN 1 Daha Selatan Berharap Produknya Dipakai Daerah

SMKN 1 Daha Selatan, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, salah satu SMK yang memiliki program jurusan Busana Butik.

Miliki Jurusan Busana Butik & Usaha Konveksi, SMKN 1 Daha Selatan Berharap Produknya Dipakai Daerah
banjarmasinpost.co.id/hanani
Siswa jurusan Busana Butik SMKN 1 Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, saat praktek menjahit di ruang praktek sekolah tersebut, Pekan lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - SMKN 1 Daha Selatan, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, salah satu SMK yang memiliki program jurusan Busana Butik.

Jurusan itu cukup diminati siswa, yang berasal dari desa-desa setempat. Selain diajari keahlian membuat kain sasirangan, siswa juga diajari menjahit dan merancang busana serta aplikasi bordir.

Bahkan, pihak sekolah sudah punya usaha konveksi dan bisa menerima jahitan dalam jumlah massal dengan jaminan kualitas yang bersaing.

Kepala SMKN 1 Daha Selatan, Mulkan, ditemui banjarmasinpost.co.id, pekan lalu di sekolah menuturkan, selama ini siswa yang sudah terampil mrerancang, membuat pola dan menjahit, sudah sering membuatkan seragam kantor. Baik dalam bentuk kemeja laki-laki dan perempuan, maupun dress dan model lainnya.

Baca: Marcus/Kevin Juara! Hasil Final China Open 2019 : Marcus/Kevin Kalahkan Ahsan/Hendra

Baca: BERLANGSUNG! Link Live Streaming TV Online RCTI & Mola TV Timnas U-16 Indonesia vs China Piala Asia

Baca: LINK www.trans7.com! Live Streaming MotoGP Aragon 2019, TV Online Trans 7 MotoGP 2019 Berlangsung

“Selama ini, anak-anak kami memproduksi sebatas untuk kebutuhan para guru di sekolah. Dan pernah beberapa kali menerima pesanan seragam. Padahal kami berharap, kemampuan siswa ini diberdayakan. Baik pemerintah daerah maupun Pemrov jika ada pengadaan seragam kantor atau event –event lainnya menggunakan jasa jahit siswa kami, untuk memotivasi mereka dalam berkarya,”kata Mulkan.

Disebutkan, jurusan Busana Butik cukup diminati di antara jurusna lainnya, yaitu Teknik Mesin, Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Muti Media.

Saat ini tercatat ada 70 siswa jurusan Busana Butik, terdiri kelas X,XI dan XII. Mereka juga sering mengikuti lomba-lomba fesyen show.

Siswa pun dimagangkan di usaha-usaha konveksi di Banjarmasin selama tiga bulan, untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang dunia konveksi. Kegiatan praktek menurut Mulkan dilaksanakan tiap hari, setelah pemberian materi.

Uutuk tempat pratek, mereka didukung ruang praktek yang dilengkapi puluhan mesin jahit modern bantuan Pemprov Kalsel.
“Alhamdulillah, lulusannya banyak yang sudah buka usaha mandiri. Ada juga yang bekerjsama dengan butik-butik. Sebagian melanjutkan kuliah di perguruan tinggi umum,”ungkap Mulkan.

Jurusan Busana Butik mulai dibuka sejak 2010 lalu, di mana saat itu SMNK 1 Daha Selatan, satu-satunya SMK di HSS yang memiliki jurusan tersebut.

Dibukanya jurusan tersebut kata Kepsek, karena saat itu ada guru lepas khusus dengan latar belakang pendidikan Busana Butik.

Namun setelah meluluskan empat angkatan siswa, guru tersebut mengikuti CPNS dan lulus, lalu ditempatkan di daerah lain. Kini, ada tiga pengajar yaitu guru umum yang dikursuskan untuk ngajar jurusan tersebut. Mereka adalah Magdalena, Verawati dan Sarbini.

“Kami berharap, nanti ada penempatan guru dengan latar belakang pendidikan Busana Butik di sekolah ini. Sebab, keterampilan ini diminati siswa, khususnya perempuan,”katanya.

Rudiah, salah satu siswa kelas XI menuturkan, tertarik memilih jurusan ini, karena begitu lulus, langsung mendapat keahlian membuat baju.

“Usaha konveksi itu cukup menjanjikan. Banyak kakak-kakak kelas terdahulu yang punya keahlian menjahit busana, punya penghasilan yang cukup. Bahkan bisa menghidupi keluarganya dari menjahit dan merancang baju. Saya juga ingin buka usaha menjahit, sekaligus punya toko baju buatan sendiri,”kata Rudiah, saat ditemui di ruang praktek menjahit di sekolahnya.
(banjaramasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved