Berita Banjar

Bantu Korban Kebakaran, Siswa SMAN 1 Martapura Galang Dana di Jalan, Kumpulkan Dana Rp 26,5 Juta

Siswa SMAN 1 didukung dewan guru turun ke jalan menggalang dana untuk korban kebakaran.

Bantu Korban Kebakaran, Siswa SMAN 1 Martapura Galang Dana di Jalan, Kumpulkan Dana Rp 26,5 Juta
Dari Humas SMAN 1 Martapura untuk BPost
EMPATI - Siawa SMAN 1 Martapura turun ke jalan menggalang aksi kemanusiaan untuk para korban kebakaran, Sabtu (21/09/2019). Dalam aksi sosial yang berlangsung sehari itu terhimpun dana sebesar Rp 24 juta lebih. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bencana kebakaran yang belakangan ini kerap melumat rumah warga di sejumlah tempat di Kalimantan Selatan (Kalsel), turut memantik empati keluarga besar SMAN 1 Martapura. Mereka pun menyingsingkan lengan baju turun ke jalan guna menggalang dana kemanusiaan.

Aksi sosial itu dilakukan dewan guru dan pelajar SMAN 1 Martapura, Sabtu (21/09/2019). Sekitar 300 orang siswa yang turun ke jalan terdiri dari pengurus OSIS dan pengurus ekstra kurikuler.

"Kegiatan yang kami lakukan itu menindaklanjuti imbauan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Kalimantan Selatan," ucap Pembina OSIS SMAN 1 Martapura Muhammad Noor, Senin (23/09/2019).

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dalan beberapa tahap. Sebelumnya seluruh siswa dan dewan guru disarankan oleh kepala sekolah untuk mendonasikan sebagian uang dan pakaian layak pakai. Lalu, dilanjutkan penggalangan dana turun ke jalan.

Baca: Celana Reino Barack Bikin Salah Fokus Saat Syahrini dan Aisyahrani Berlibur ke Italia

Baca: Hari Ini Paripurna Pelantikan Pimpinan Dewan Tapin Digelar, Yamani Sah Jadi Ketua DPRD Tapin

Baca: Si Jago Merah Ludeskan Bengkel Ban dan Warung di Basirih, Segini Kerugian Joko

Baca: Bandingkan Gaji Fantastis Sopir Raffi Ahmad dan Hotman Paris, Suami Nagita Kalahkan Seteru Farhat?

Penggalangan dana turun ke jalan secara langsung tersebut di prakarsai oleh pengurus OSIS dan ekstrakurikuler. Mereka juga berkoordinasi dengan Polres Banjar untuk pemberitahuan kegiatan yang digelar selama sehari tersebut.

Mereka menyebar pada empat tempat yakni di sekitar traffic light Sekumpul, di sekitar pengajian Guru Wildan di kawasan Tanjungrema. Lalu, di sekitar traffic lighta Pasar Martapura dan di depa Gang SMAN 1 Martapura. Bakti sosial itu dimulai sejak pukul 08.30 Wita hingga 12.00 Wita.

Muhammad Noor menuturkan hasil penggalangan dana dari dewan guru dan siswa maupun penggalangan dana yang dilakukan di jalan lumayan banyak. Jumlah totalnya sebanyak Rp 26.508.100. Selain itu juga ada puluhan kardus berisi pakaian layak pakai.

"Hasil ini akan diserahkan oleh kepala sekolah melalui ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA. Kemudian diteruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan hingga diserahkan ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan," paparnya.

Sementara itu Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Martapura, Mohammad Farid Amrullah menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka mendalam atas kejadian musibah kebakaran yang belakangan ini kerap terjadi. "Semoga saudara kita yang mengalami musibah diberi kesabaran dan nantinya diberikan rezeki yang lebih banyak lagi," ucapnya.

Pihaknya tidak sekadar mendoakan. Tapi juga berbuat sesuatu untuk turut membantu meringankan beban para korban kebakaran. "Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kira yang mengalami musibah," harapnya.

Secara terpisah, Kepala SMAN 1 Martapura Tupan menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas kerjasama keluarga besar sekolahnya. Terlebih pada anak didiknya karena kegiatan tersebut mengajarkan untuk belajar peduli kepada sesama.

Baca: Tiga Desa di Tanbu Masih Terisolir, PUPR Bingung Karena Berada di Kawasan Hutan Lindung

Baca: Link Streaming Indosiar Persipura vs Persib Bandung Liga 1 2019 Hari Ini, Buta Kekuatan Lawan

Baca: Pembunuh Mayat Tanpa Celana Ditangkap, Terkuak Sang Paman Ingin Perkosa Ponakan Saat Cari Ikan

"Hal itu secara tidak langsung juga memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak didik kami," tandasnya.

Siswa SMAN 1 Martapura turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana untuk korban kebakaran
Siswa SMAN 1 Martapura turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana untuk korban kebakaran (Dari Humas SMAN 1 Martapura untuk BPost)

Hal itu juga mengandung makna, mereka yang terkena musibah adalah bagian dari saudara. Karena itu semua pihak hadir untuk membantu mereka.

"Melalui kegiatan penggalangan dana tersebut diharapkan supaya anak-anak bisa belajar peduli dan peka terhadap keadaan saudara-saudara kita yang terkena musibah,” tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved