Berita Banjarbaru

Kalsel Kembali Diguyur Hujan, BMKG Memperkirakan Imbas Penyemaian Bibit Awan di Kalteng

Warga Kota Banjarmasin senang meski sebentar turun hujan, tapi dengan turun hujan ini akan mengatasi semua permasalahan termasuk krisis air bersih

Kalsel Kembali Diguyur Hujan, BMKG Memperkirakan Imbas Penyemaian Bibit Awan di Kalteng
Satgas BPBD Kalsel
Kegiatan TMC di wilayah Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Warga Kota Banjarmasin senang meski sebentar turun hujan, tapi dengan turun hujan ini akan mengatasi semua permasalahan termasuk krisis air bersih dan kebakaran hutan dan lahan terkurangi.

Salah satu warga yang cukup senang adalah Rosehan NB yang juga anggota DPRD Kalsel, dimana dia langsung membuat video yang diunggah di media sosialnya.

"Alhamdulillah hujan. Tidak masalah meski baju dinas saya basah, yang penting hujan turun dan warga senang. Alhamdulilah allahuakbar, ini berkat doa pian seberataan," kata Rosehan NB.

Selain di Banjarmasin, memang diprediksi dari BMKG ada enam wilayah yang kebagian hujan, apakah hujan ringan hingga hujan deras.

Namun yang menenangkan fakta hujan ini adalah imbas dari modifikasi cuaca yang disebar garam di atas awas di Kalimantan Tengah hingga ke perbatasan Kalsel.

Baca: Aksi Tak Biasa Ayu Ting Ting Setelah ‘Sindiran’ Ayah Rozak ke Nagita Slavina Istri Raffi Ahmad

Baca: Hujan Turun, Satgas Karhutla Diminta Waspada, Pagi Bandara Masih Ada Asap, 7 Penerbanganan Terganggu

Baca: Barito Putera U-20 Vs PSIS Semarang, Menang 1-0, Barito Berpesta di Demang Lehman

Forecaster BMKG Syamsudin Noor on duty, Shaa Imul Qadri, kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (23/9/2019) sore menjelaskan untuk saat ini yang terjadi hujan di wilayah kalsel bagian barat tepatnya di Banjarmasin, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Tanah bumbu dan Tanah laut.

"Untuk wilayah Kalsel bagian barat bisa diindikasikan terkena dampak penyemaian yang di lakukan dari TMC wiliyah Palangkaraya dengan Sorti 1 Area, di Kalteng bagian Timur, Tengah dan Barat (90-270, 40-80 nm) melalui pesawat CN 295 A-2901," urainya.

Bahan Semai, jenis CaO sebanyak 2400 kilogram. "Karena di wilayah banyak bibit awan penghasil hujan yang mana jika terkena dampak penyemaian hujan akan cepat turun di wilayah tersebut, untuk wilayah timur dan selatan seperti tanahbumbu , HST, dan Tanahlaut di wilayah tersebut kondisi kelmbaban udaranya memang mendukung terjadinya hujan ringan hingga sedang lokal, " ulas Shaa Imul Qadri.

Adapun LO Satgas Darat Satgas Karhutla, Kolonel Fadjar menjelaskan bersyukur bahwa Kalsel turun hujan meski masih belum dilakukan TMC di wilayah atau area Kalsel.

"Memang Intinya di wilayah Kalsel belum dilaksanakan TMC yg menggunakan pesawat TNI AU. Pelaksanaan TMC baru dilakukan di Kalbar dan Kalteng..Insya Allah barokah untuk wilalayah Kalsel.
Jadi ternyata yang mendapatkan berkahnya adalah wilayah Kalsel. Ini Berkat Doa dan ikhtiar segenap warga Kalsel, Amiin, " kata Kolonel Fadjar.

Sementara Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin Noor dalam arahan brefing pagi, membenarkan memang BMKG memprediksi ada enam wilayah yang akan turun hujan dan ternyata Prediksi benar.

"Info dari BMKG juga, diperkirakan musim hujan akan terjadi di akhir Oktober dan awal November," kata Wahyuddin.

Masih dijelaskan Wahyuddin Noor terdapat meski hujan Satgas diminta tidak lalai dan terbuai, sebab titik hotspot hari ini sebanyak 86 titik dan tetap diminta waspada. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved